Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Daur Ulang Sampah Plastik Pada Materi Pencemaran Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII A SMPN 5 Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Daur Ulang Sampah Plastik Pada Materi Pencemaran Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII A SMPN 5 Kupang

XML

Penelitian yang telah dilaksanakan pada bulan Maret-April tahun ajaran 2023/2024 bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model project based learning (PjBL) terhadap daur ulang sampah plastik pada materi pencemaran lingkungan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII A SMPN 5 Kupang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang menggunakan model Kurt Lewin. Rancangan penelitian ini dilakukan dalam dua sikus dan setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflection). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII A yang berjumlah 29 orang, terdiri dari 12 laki-laki dan 17 perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mencakup data observasi keterampilan guru mengelola kelas dan observasi aktifitas peserta didik, data tes hasil belajar dan penilaian project. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil Penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar dari 3 aspek penilaian yakni siklus petama 65,74% menjadi 90,43 pada siklus kedua dengan data observasi aktifitas peserta didik diperoleh siklus I rata-rata skor 34,16 persentase 71% meningkat pada siklus II yakni skor rata-rata 43,48 persentase 91%. Hasil observasi keterampilan guru mengelola kelas pada siklus I rata-rata skor 39,5 persentase 76% kategori baik meningkat pada siklus II dengan skor rata-rata 47,5 dengan persentase 91%. Pada hasil belajar peserta didik siklus I diperoleh rata-rata 64 persentase 45% kategori kurang, mengalami peningkatan signifikan pada siklus II dengan rata-rata 83 persentase 86,5% dengan kategori sangat baik dan kualifikasi tuntas. Sementara untuk hasil penilaian produk siklus I rata-rata 30,88 persentase 77% kategori cukup meningkat pada siklus II dengan skor rata-rata 37,6 persentase 94% kategori sangat baik dan kualifikasi berhasil. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan model project based learning (PjBL) terhadap daur ulang sampah plastik pada materi pencemaran lingkungan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII A SMPN 5 Kupang.

Kata Kunci : Project Based Learning. Hasil Belajar, Aktifitas Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
ANGELA NOBERTA - Personal Name
Student ID
2001040013
Dosen Pembimbing
MBING MaRIA IMAKULATA - 196507251993032001 - Dosen Pembimbing 1
PAULUS TAEK - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Yusnaeni - 197502032000122001 - Ketua Penguji
Mbing Maria Imakulata - 196507251993032001 - Penguji 1
PAULUS TAEK - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Biologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.05 NOB P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA