Kinerja Tata Kelola Bisnis Badan Usaha Milik Desa (Studi Komparasi Pada BUMDesa Puan To'a Di Desa Tebuk Dan BUMDesa Kimang Buleng Di Desa Riit Kecamatan Nita Kabupaten Sikka)

Detail Cantuman

Tesis

Kinerja Tata Kelola Bisnis Badan Usaha Milik Desa (Studi Komparasi Pada BUMDesa Puan To'a Di Desa Tebuk Dan BUMDesa Kimang Buleng Di Desa Riit Kecamatan Nita Kabupaten Sikka)

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja tata kelola bisnis BUMDesa pada BUMDesa Puan To’a Desa Tebuk dan BUMDesa Kimang Buleng Desa Riit serta faktor-faktor dibalik perbedaan kinerja tata kelola BUMDesa Puan To’a Desa Tebuk dan BUMDesa Kimang Buleng Desa Riit. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi komparasi dan prosedur pengumpulan data menggunakan wawancara, studi dokumen dan observasi. Teknik pengumpulan data dan analisis data terhadap 21 informan yang diplih dengan menggunakan Teknik purposive sampling pada dua kasus yang berasal dari Desa Tebuk dan Desa Riit pada Kecamatan Nita, kedua kasus ini adalah tata Kelola BUMDesa Puan To’a dan BUMDesa Kimang Buleng. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja tata kelola pada prinsip transparansi Pada BUMDesa Riit belum sepenuhnya transparan sesuai dengan prinsip tata Kelola pemerintahan yang baik karena pada perekrutan pengurus khususnya pada pemilihan direktur pada desa Riit tidak dilakukan melalui tes tetapi dipilih langsung oleh kepala desa. Prinsip akuntabilitas Desa Riit belum berjalan secara baik yang terbukti pada pembentukan pengurus yang kedua belum memiliki anggaran dasar dan anggaran rumah tangga, terkait dengan pelaporan keuangan belum juga maksimal karena pelatihan untuk kepengurusan yang dilakukan satu atau dua kali dengan latar belakang pendidikan yang berbeda, pencatatan yang dilakukan secara manual, dengan barang masuk nota yang tidak jelas. Sustainabel BUMDesa Kimang Buleng yang sudah dua kali membentuk BUMdesa namun harus mengalami kemacetan karena pada dasarnya seluruh kegiatan usaha yang dijalankan, harus bisa berkembangan dan dilestarikan oleh masyarakat, dengan tujuan yang pasti yaitu memberdayakan perekonomian masyarakat desa. Faktor kritis yang brperan dalam meningkatkan peluang keberlanjutan kinerja tata Kelola BUMDesa yang mencakup aspek dimensi kpemimpinan, dimensi sumber daya organisasi dan dimensi lingkungan eksternal. Terkahir, penelitian memiliki kelemahan yaitu data yang dikumpulkan oleh peneliti mwlalui wawancara mungkin dapat mengandung biar memori. Penelitian ini terbatas pada dua BUMDesa yang terdapat di Kecamatan Nita.

Kata kunci: kinerja, tata kelola, BUM Desa


Detail Information

Item Type
Tesis
Penulis
Student ID
2211020012
Dosen Pembimbing
PIUS BUMI KELLEN - 196009031987021001 - Dosen Pembimbing 1
I Putu Yoga Bumi Pradana - 19901227 201404 1 001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Pius Bumi Kellen - 196009031987021001 - Ketua Penguji
I PUTU YOGA BUMI PRADANA - 19901227 201404 1 001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
63001
Edisi
Published
Departement
ILMU ADMINISTRASI
Kontributor
Ajis Salim Adang Djaha - Kontributor
PETRUS E DE ROZARI - Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
631.01 Sar eng
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA