Kampanye Informasi Tentang Perlindungan Dan Pengawasan Eksploitasi Anak Sebagai Pedagang Keliling (Studi Kasus Pada Dinas Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Kota Kupang)

Detail Cantuman

Skripsi

Kampanye Informasi Tentang Perlindungan Dan Pengawasan Eksploitasi Anak Sebagai Pedagang Keliling (Studi Kasus Pada Dinas Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Kota Kupang)

XML

Anak merupakan anugerah dari Tuhan yang harus dijaga dan dilindungi. Namun tidak sedikit orangtua salah mendidik anak mereka seperti mengajarkan anak mereka untuk berdagang di umur yang masih tergolong anak-anak. Tanpa disadari, hal ini sudah tergolong dalam aktivitas eksploitasi anak. Oleh karena itu, perlindungan dan pengawasan dari Dinas pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak sangat diperlukan demi mencgah aktivitas eksploitasi anak sebagai pedagang keliling. Salah satu langkah yang dapat dilakukan oleh DP3A adalah melakukan kampanye informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk kampanye informasi yang dilakukan oleh DP3A dalam mengatasi eksploitasi anak sebagai pedagang keliling di Kota Kupang, untuk mengetahui hambatan- hambatan yang mungkin dihadapi dalam melaksanakan kampanye informasi ini dan mengembangkan rekomendasi untuk mengatasinya, dan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk kampanye informasi secara umum yang dilakukan oleh DP3A Kota Kupang. Penelitian kualitatif ini menggunakan teori instrumental learning. Informan terdiri dari 6 orang yang terlibat dalam masalah eksploitasi anak sebagai pedagang keliling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa eksploitasi anak sebagai pedagang keliling di Kota Kupang merupakan masalah serius yang merugikan anak-anak secara fisik, mental, dan emosional. Tantangan utama dalam mengatasi eksploitasi anak sebagai pedagang keliling termasuk kondisi ekonomi keluarga yang sulit, kurangnya kesadaran masyarakat, keterbatasan sumber daya pemerintah, dan kesulitan dalam mengevaluasi efektivitas program yang telah diimplementasikan. Langkah konkret yang dapat dilakukan, penguatan hukum, peningkatan pendidikan dan kesadaran masyarakat, peningkatan akses terhadap layanan kesehatan dan sosial, serta penegakan hukum yang efektif terhadap pelaku eksploitasi anak adalah langkah-langkah konkret yang dapat diambil untuk mengurangi eksploitasi anak.

Kata-kata Kunci: Instrumental Learning, Kampanye, Eksploitasi Anak,DP3A


Detail Information

Item Type
SKRIPSI
Penulis
Mario A. Gale Waja - Personal Name
Student ID
2003050206
Dosen Pembimbing
SILVANIA STELLA EPIPHANIA MANDARU - 198401062014042001 - Dosen Pembimbing 1
Fitri Titi Meilawati - 8809023419 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Silvania Stella Epiphania Mandaru - 198401062014042001 - Ketua Penguji
Fitri Titi Meilawati - 8809023419 - Penguji 1
Petrus Ana Andung - 197402072008011012 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
70201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Komunikasi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
702.01 Waj K
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA