Skripsi
Penerapan Metode Role Playing dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV SD Negeri Oetona Kota Kupang
XMLRumusan masalah bagaimana penerapan metode pembelajaran role playing mampu meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri Oetona Kota Kupang. Tujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Indonesia melalui penerapan motode pembelajaran role playing di kelas IV SD Negeri Oetona Kota Kupang. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yaitu teknik observasi, tes, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yaitu menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Oetona, hasil penelitian keterampilan berbicara siswa pada siklus I berada pada katagori belum mencapai ketuntasan, remidial dibagian yang diperlukan dengan nilai rata-rata 53,72% dan secara individual dari 27 siswa hanya 12 siswa 44% yang tuntas atau mencapai Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP). Sedangkan keterampilan berbicara siswa pada siklus II berada pada kategori sudah mencapai ketuntasan, tidak perlu remidial dengan nilai rata-rata 75,92% dan secara individual 27 siswa telah mencapai Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP). Keterampilan berbicara siswa mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat dari siklus I dan siklus II yaitu dari 53,72% menjadi 75,92%. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa peningkatan keterampilan berbicara siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan metode role playing di kelas IV SD Negeri Oetona Kota Kupang mengalami peningkatan.
Kata Kunci: Metode Role Playing, Keterampilan Berbicara
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Alswareni Nomnafa - Personal Name
|
Student ID |
2001140126
|
Dosen Pembimbing |
HARTOYO YUDHAWARDANA - 196911101999031003 - Dosen Pembimbing 1
Sofia G. Un Lala - 199204302020122016 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Hartoyo Yudhawardana - 196911101999031003 - Ketua Penguji
Sofia G. Un Lala - 19920430 202012 2 016 - Penguji 1 Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Eni P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |