Penerapan Metode Role Playing dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV SD Negeri Oetona Kota Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Metode Role Playing dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV SD Negeri Oetona Kota Kupang

XML

Rumusan masalah bagaimana penerapan metode pembelajaran role playing mampu meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri Oetona Kota Kupang. Tujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Indonesia melalui penerapan motode pembelajaran role playing di kelas IV SD Negeri Oetona Kota Kupang. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yaitu teknik observasi, tes, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yaitu menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Oetona, hasil penelitian keterampilan berbicara siswa pada siklus I berada pada katagori belum mencapai ketuntasan, remidial dibagian yang diperlukan dengan nilai rata-rata 53,72% dan secara individual dari 27 siswa hanya 12 siswa 44% yang tuntas atau mencapai Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP). Sedangkan keterampilan berbicara siswa pada siklus II berada pada kategori sudah mencapai ketuntasan, tidak perlu remidial dengan nilai rata-rata 75,92% dan secara individual 27 siswa telah mencapai Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP). Keterampilan berbicara siswa mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat dari siklus I dan siklus II yaitu dari 53,72% menjadi 75,92%. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa peningkatan keterampilan berbicara siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan metode role playing di kelas IV SD Negeri Oetona Kota Kupang mengalami peningkatan.

Kata Kunci: Metode Role Playing, Keterampilan Berbicara


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Alswareni Nomnafa - Personal Name
Student ID
2001140126
Dosen Pembimbing
HARTOYO YUDHAWARDANA - 196911101999031003 - Dosen Pembimbing 1
Sofia G. Un Lala - 199204302020122016 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Hartoyo Yudhawardana - 196911101999031003 - Ketua Penguji
Sofia G. Un Lala - 19920430 202012 2 016 - Penguji 1
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Eni P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA