Penerapan Media Pembelajaran Diorama Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Siklus Air Kelas Iv Sd Tiga Putra Kota Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Media Pembelajaran Diorama Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Siklus Air Kelas Iv Sd Tiga Putra Kota Kupang

XML

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah "Bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa pada materi siklus air melalui media pembelajaran diorama kelas IV SD Tiga Putra Kota Kupang". Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya perbaikan hasil belajar melalui media pembelajaran diorama pada siswa kelas IV SD Tiga Putra Kota Kupang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan teknik analisis data, yaitu deskriptif kualitatif dengan persentase berdasarkan data yang telah dikumpulkan dan kemudian dikategorikan ke dalam suatu rumusan yang ditetapkan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Tiga Putra Kota Kupang yang berjumlah 13 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan studi dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi guru dan siswa, tes dan studi dokumentasi hasil penelitian yang dilakukan di SD Tiga Putra Kota Kupang menunjukkan bahwa pada pada siklus I observasi guru yang dilakukan observer I dan II diketahui bahwa terdapat 1 aspek yang belum terlaksana yakni tidak terlaksana dalam memberikan ragam contoh pada materi siklus air, selanjutnya data observasi siswa didapati bahwa sisw a tidak terlaksana mampu untuk bertanya, menjawab pertanyaan dan memberikan tanggapan, tidak terlaksana aktif dalam menyimpulkan hasil diskusi serta tidak terlaksana mampu berkomunikasi lisan depan kelas, sedangkan pada siklus II hasil observasi yang dilakukan observer I dan II pada aktivitas siswa dan guru yakni telah terlaksananya seluruh aspek yang ditentukan dan ketuntasan persentase ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 54% dengan nilai 63,84 kategori (C) cukup sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan dengan persentase 100% dengan nilai rata-rata 85,04 kategori (SB) sangat baik. Berdasarkan skripsi maka dapat disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran diorama dapat secara efektif meningkatkan hasil belajar siswa di SD Tiga Putra Kota Kupang.

Kata Kunci: Media Pembelajaran Diorama, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Geraldeen Bali Dendo - Personal Name
Student ID
2001140001
Dosen Pembimbing
HARTOYO YUDHAWARDANA - 196911101999031003 - Dosen Pembimbing 1
Sofia G. Un Lala - 199204302020122016 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Hartoyo Yudhawardana - 196911101999031003 - Ketua Penguji
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Penguji 2
Sofia G. Un Lala - 19920430 202012 2 016 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Een P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA