Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Menggambar Teknik Kelas X TITL SMK Negeri 2 Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Menggambar Teknik Kelas X TITL SMK Negeri 2 Kupang

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) adanya pengaruh model PBL terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran menggambar teknik kelas X TITIL SMK Negeri 2 Kupang 2) sejauh mana pengaruh model PBL terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran menggambar teknik kelas X TITL SMK Negeri 2 Kupang.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian eksperimen, desain rancangan penelitian yang digunakan yaitu pre experiment, penelitian ini dilakukan sebanyak dua kali yaitu sebelum eksperimen (pre-test) dan sesudah eksperimen (post-test). Jenis penelitian yang digunakan adalah Experiment One Group Pre test Post test Design. Pengumpulan data yang dilakukan melalui test akhir dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah uji persyaratan analisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas serta uji hipotesis dengan analisis uji regeresi linear sederhana dan pengujian korelasi product moment dilanjutkan dengan pengujian signifikansi (uji t) dengan bantuan Statistical Product and Service Solution (SPSS).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh sebesar 0,367% atau 36,7% dan thitung memiliki nilai sebesar 4.371, sedangkan ttabel sebesar 2,032. Oleh karena thitung > ttabel (4.371> 2,032) dan P value < α (0,000 < 0,05). Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara model pembelajaran bebasis masalah terhadap hasil belajar siswa. Untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan nampak bahwa koefsien korelasi (r) memilki nilai sebesar 0,606 dan thitung memiliki nilai sebesar 4.441, sedangkan ttabel sebesar 2,032. Oleh karena thitung > ttabel (4.441 > 2,032) maka ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa.


Detail Information

Item Type
Penulis
Yulinda Thine - Personal Name
Student ID
1601130011
Dosen Pembimbing
YETURSANCE YULSIANA MANAFE - 197906262005012003 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Fransiskus F Goe Ray - 197406052006041001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
83201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Teknik Elektro
Kontributor
RENOLD H. MODOK - Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
661.076 ine P
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA