Skripsi
Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Menggambar Teknik Kelas X TITL SMK Negeri 2 Kupang
XMLPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) adanya pengaruh model PBL terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran menggambar teknik kelas X TITIL SMK Negeri 2 Kupang 2) sejauh mana pengaruh model PBL terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran menggambar teknik kelas X TITL SMK Negeri 2 Kupang.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian eksperimen, desain rancangan penelitian yang digunakan yaitu pre experiment, penelitian ini dilakukan sebanyak dua kali yaitu sebelum eksperimen (pre-test) dan sesudah eksperimen (post-test). Jenis penelitian yang digunakan adalah Experiment One Group Pre test Post test Design. Pengumpulan data yang dilakukan melalui test akhir dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah uji persyaratan analisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas serta uji hipotesis dengan analisis uji regeresi linear sederhana dan pengujian korelasi product moment dilanjutkan dengan pengujian signifikansi (uji t) dengan bantuan Statistical Product and Service Solution (SPSS).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh sebesar 0,367% atau 36,7% dan thitung memiliki nilai sebesar 4.371, sedangkan ttabel sebesar 2,032. Oleh karena thitung > ttabel (4.371> 2,032) dan P value < α (0,000 < 0,05). Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara model pembelajaran bebasis masalah terhadap hasil belajar siswa. Untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan nampak bahwa koefsien korelasi (r) memilki nilai sebesar 0,606 dan thitung memiliki nilai sebesar 4.441, sedangkan ttabel sebesar 2,032. Oleh karena thitung > ttabel (4.441 > 2,032) maka ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa.
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Yulinda Thine - Personal Name
|
Student ID |
1601130011
|
Dosen Pembimbing |
YETURSANCE YULSIANA MANAFE - 197906262005012003 - Dosen Pembimbing 1
|
Penguji |
Fransiskus F Goe Ray - 197406052006041001 - Penguji 2
|
Kode Prodi PDDIKTI |
83201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Teknik Elektro
|
Kontributor |
RENOLD H. MODOK - Kontributor
|
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2021 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
661.076 ine P
|
Copyright | |
Doi |