Skripsi
Hubungan Komunikasi Antar Pribadi Perawat Dengan Kepuasaan Pasien Rawat Jalan Di Klinik Aisyiyah Kota Kupang
XMLTujuan penelitian ini yaitu mengetahui seberapa besar efektif komunikasi antar pribadi perawat terhadap kepuasaan pasien rawat jalan di Klinik Aisyiyah Kota Kupang, mengetahui seberapa besar tingkat kepuasaan pasien rawat jalan dan menganalisis hubungan komunikasi antar pribadi perawat terhadap kepuasaan pasien. Peneliti ini menggunakan jenis penelitian non eksperimental yang bersifat deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif untuk menganalisis seberapa besar Hubungan Komunikasi Antar Pribadi dengan Kepuasaan Pasien. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Krediblitas Sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dikutip dari Suharsimi Arikunto tentang pedoman interpretasi efektifitas maka variabel komunikasi antar pribadi melalui perhitungan 5 indikator dinyatakan efektif karena nilai interval berada pada 81-100% yang menunjukkan komunikasi antar pribadi perawat dengan pasien sangat efektif, serta tingkat kepuasaan pasien terbagi atas 5 indikator yaitu cepat tanggap dengan rata-rata persentase 86% , keandalan 92%, jaminan 89%, empati 89%, dan bukti fisik 90%. Sehingga tingkat kepuasaan pasien relatif sangat puas karena dilihat dari range skala kepuasaan menurut (Sugiyono, 2010) menunjukkan bahwa nilai skala peringkat dari 81%-100% merupakan penilaian yang sangat puas dan analisis korelasi pearson antara variabel Komunikasi Antar Pribadi (X) dan Kepuasaan Pasien Rawat Jalan (Y), diketahui bahwa nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Dengan demikian, Ha diterima yang berbunyi terdapat hubungan yang signifikan antar komunikasi antar pribadi terhadap kepuasaan pasien rawat jalan di Klinik Aisyiyah Kota Kupang. Analisis data menunjukkan bahwa data valid dan reliabel, analisis data berikutnya menggunakan Uji Korelasi Pearson (Product Moment) diperoleh rhitung 0,542. Maka berdasarkan rtabel dengan taraf kepercayaan 0,05(rtabel untuk 60 responden dengan taraf 5% adalah 0,254), diperoleh pengertian bahwa rhitung > rtabel (0,254) maka Ha diterima (0,542 > 0,254), dengan demikian terdapat hubungan yang signifikan antara Komunikasi Antar Pribadi Perawat terhadap Kepuasaan Pasien Rawat Jalan di Klinik Aisyiyah Kota Kupang. Berdasarkan hal itu, dapat disimpulkan bahwa tingkat kekuatan hubungan berada pada kategori kuat. Serta, nilai yang positif menunjukkan hubungan yang searah antara Komunikasi antar pribadi dengan Kepuasaan pasien.
Kata Kunci : Komunikasi Antar Pribadi, pasien dan perawat, kepuasaan pasien
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
INA NABILA HASAN ISMAIL - Personal Name
|
Student ID |
2003050098
|
Dosen Pembimbing |
PETRUS ANA ANDUNG - 197402072008011012 - Dosen Pembimbing 1
Fitria Titi Meilawati - 8809023419 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Petrus Ana Andung - 197402072008011012 - Ketua Penguji
Fitria Titi Meilawati - 8809023419 - Penguji 1 Mas Amah - 197906172008012020 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
70201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
|
Kontributor | |
Bahasa | |
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
702.01 ISM H
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |