STRATEGI MEDIA PENYIARAN RADIO DALAM MENINGKATKAN MINAT PEMASANG IKLAN (Studi Kasus RRI Pro 1 Stasiun Ende Frekuensi 100.5 Fm)”

Detail Cantuman

Skripsi

STRATEGI MEDIA PENYIARAN RADIO DALAM MENINGKATKAN MINAT PEMASANG IKLAN (Studi Kasus RRI Pro 1 Stasiun Ende Frekuensi 100.5 Fm)”

XML

Seiring berjalannya waktu dengan munculnya berbagai media massa seperti media cetak, elektronik dan media cyber atau online. Meskipun banyaknya media informasi dan hiburan lain yang bermunculan seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, radio tetaplah menjadi sarana pilihan konsumen untuk bisa memperoleh informasi. Radio adalah media hiburan dan informasi yang murah, praktis, serta dapat didengar kapan saja dan dimana saja. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi media penyiaran Radio RRI Pro 1 stasiun Ende dalam meningkatkan minat pemasang iklan. Penelitian ini menggunakan teori AISAS, yang dikemukakan oleh Dentsu, pendekatan kualitatif, metode penelitian studi kasus, teknik pengumpulan data observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa media penyiaran RRI Ende dalam strateginya melakukan perjanjian kerja sama, membina hubungan yang baik diantara pendengar maupun pemasang iklan serta dengan menghadirkan program-program acara yang menarik perhatian pendengar sehingga konsumen bisa tertarik untuk memasang iklan di RRI Pro 1 Ende. Selain itu RRI Ende juga menerapkam konsep strategi 4P (Product, Price, Place, dan Promotion), untuk product (produk) program-program acara di RRI Pro 1 Ende yakni program siaran on air dan off air. Price (harga) jenis iklan adlibs 1 kali siaran Rp.30,000, spot iklan Rp.25,000 dan adventorial keterangan siaran langsung dan Youtube dalam studio Rp.1.000,000 maksimal siaran 50 menit, siaran langsung dan youtube luar studio ditambah transportasi kru Rp.2.000,000 maksimal siaran 50 menit berlaku untuk sekali siaran. Place (tempat) kantor RRI Pro 1 Ende juga platform media sosialnya. Promotion (promosi) dengan pendekatan Personal Selling dan Direct Marketing dan mengunakan teknologi internet media sosial RRI Pro 1 Ende.

Kata kunci: Strategi, RRI PRO 1 Ende, Minat Pengiklan.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
LUDGARDIS NATALIA KUE - Personal Name
Student ID
2003050045
Dosen Pembimbing
MAS AMAH - 197906172008012020 - Dosen Pembimbing 1
Henny L.L. Lada - NUPN 9900007799 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Mas Amah - 197906172008012020 - Ketua Penguji
Henny L.L. Lada - NUPN 9900007799 - Penguji 1
Monika Wutun - 198301112014042001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
70201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Komunikasi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
702. 01 Kue S
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA