Skripsi
STRATEGI MEDIA PENYIARAN RADIO DALAM MENINGKATKAN MINAT PEMASANG IKLAN (Studi Kasus RRI Pro 1 Stasiun Ende Frekuensi 100.5 Fm)”
XMLSeiring berjalannya waktu dengan munculnya berbagai media massa seperti media cetak, elektronik dan media cyber atau online. Meskipun banyaknya media informasi dan hiburan lain yang bermunculan seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, radio tetaplah menjadi sarana pilihan konsumen untuk bisa memperoleh informasi. Radio adalah media hiburan dan informasi yang murah, praktis, serta dapat didengar kapan saja dan dimana saja. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi media penyiaran Radio RRI Pro 1 stasiun Ende dalam meningkatkan minat pemasang iklan. Penelitian ini menggunakan teori AISAS, yang dikemukakan oleh Dentsu, pendekatan kualitatif, metode penelitian studi kasus, teknik pengumpulan data observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa media penyiaran RRI Ende dalam strateginya melakukan perjanjian kerja sama, membina hubungan yang baik diantara pendengar maupun pemasang iklan serta dengan menghadirkan program-program acara yang menarik perhatian pendengar sehingga konsumen bisa tertarik untuk memasang iklan di RRI Pro 1 Ende. Selain itu RRI Ende juga menerapkam konsep strategi 4P (Product, Price, Place, dan Promotion), untuk product (produk) program-program acara di RRI Pro 1 Ende yakni program siaran on air dan off air. Price (harga) jenis iklan adlibs 1 kali siaran Rp.30,000, spot iklan Rp.25,000 dan adventorial keterangan siaran langsung dan Youtube dalam studio Rp.1.000,000 maksimal siaran 50 menit, siaran langsung dan youtube luar studio ditambah transportasi kru Rp.2.000,000 maksimal siaran 50 menit berlaku untuk sekali siaran. Place (tempat) kantor RRI Pro 1 Ende juga platform media sosialnya. Promotion (promosi) dengan pendekatan Personal Selling dan Direct Marketing dan mengunakan teknologi internet media sosial RRI Pro 1 Ende.
Kata kunci: Strategi, RRI PRO 1 Ende, Minat Pengiklan.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
LUDGARDIS NATALIA KUE - Personal Name
|
Student ID |
2003050045
|
Dosen Pembimbing |
MAS AMAH - 197906172008012020 - Dosen Pembimbing 1
Henny L.L. Lada - NUPN 9900007799 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Mas Amah - 197906172008012020 - Ketua Penguji
Henny L.L. Lada - NUPN 9900007799 - Penguji 1 Monika Wutun - 198301112014042001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
70201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Ilmu Komunikasi
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
702. 01 Kue S
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |