Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Berbasis Miniatur Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Berbasis Miniatur Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Kupang

XML

Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2023/2024 bulan Februari-Maret. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbasis miniatur pada materi sistem peredaran darah manusia dapat meningkatkan Kreativitas Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Kupang.
Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam dua siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 30 peserta didik kelas VIII I yang terdiri dari 17 laki-laki dan 13 perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi aktivitas guru, observasi kreativitas belajar peserta didik, data pre test dan post test, serta data penilaian produk peserta didik. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa data observasi kreativitas belajar peserta didik yang diperoleh pada siklus I mempunyai jumlah skor 659 dengan persentase 68,64% kategori cukup kreatif mengalami peningkatan pada siklus II yaitu jumlah skor 830 dengan persentase 86% kategori sangat kreatif. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I jumlah skor 54 dengan persentase 84,37% kategori terlaksana mengalami peningkatan pada siklus II dengan jumlah skor 60 dengan persentase 93,75% kategori sangat terlaksana. Pada data hasil post test dan pre test yang telah diuji menggunakan N-Gain score mendapatkan nilai 0,73 dan efektivitas N-Gain berada pada kategori cukup efektif dengan nilai 73,25. Sedangkan untuk hasil penilaian produk pada siklus I dari 2 kelompok yang mendapatkan kategori sangat baik mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 4 kelompok mendapatkan kategori sangat baik.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbasis miniatur pada materi sistem peredaran darah manusia dapat meningkatkan kreativitas belajar peserta didik.

Kata kunci: Project Based Learning, Kreativitas Belajar, Aktivitas Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
2001040003
Dosen Pembimbing
MOSES KOPONG TOKAN - 196312311992031202 - Dosen Pembimbing 1
ANGELA GABRIELA LIKA - 196402281989032002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Moses K. Tokan - 196312311992031202 - Ketua Penguji
Angela Gabriela Lika - 196402281989032002 - Penguji 1
Mbing Maria Imakulata - 196507251993032001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84205
Edisi
Published
Departement
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.05 NDO P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA