Skripsi
ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN MATERI FISIKA KELAS VIII DI SMP NEGERI 13 KUPANG
XMLPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui menganalisis implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran materi Fisika kelas VIII di SMP Negeri 13 Kupang. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu Kepala Sekolah, Guru IPA kelas VIII dan Peserta didik kelas VIII SMP Negeri 13 Kupang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data kualitatif yaitu dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran materi Fisika sudah berjalan dengan baik, persiapan yang dilakukan mencakup analisis capaian pembelajaran (CP) untuk menyusun tujuan pembelajaran (TP) dan alur tujuan pembelajaran (ATP), perencanaan asesmen diagnostik, pengembangan modul ajar yang disesuaikan dengan tahap capaian dan karakteristik peserta didik, serta perencanaan asesmen formatif dan sumatif. Pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi juga telah diterapkan sesuai kebutuhan peserta didik serta telah menyusun evaluasi pembelajaran berupa asesmen diagnostik, asesmen formatif dan sumatif.
Kata Kunci : Implementasi, Kurikulum Merdeka, Pembelajaran materi Fisika
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Oktaviani Kasang - Personal Name
|
Student ID |
2001050059
|
Dosen Pembimbing |
YUSNIATI H MUH YUSUF - 198301072008122003 - Dosen Pembimbing 1
ANTONIUS SUBAN HALI - 197809172009121004 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Hartoyo Yudhawardana - 196911101999031003 - Ketua Penguji
Yusniati H Muh Yusuf - 198301072008122003 - Penguji 1 Antonius Suban Hali - 197809172009121004 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84203
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Program Studi Pendidikan Fisika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.03 KAS
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |