Dampak Bermain Game Online Terhadap Keaktifan Kuliah Mahasiswa (Studi Kasus Rt/Rw 017/006, Kelurahan Oesapa, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang)

Detail Cantuman

Skripsi

Dampak Bermain Game Online Terhadap Keaktifan Kuliah Mahasiswa (Studi Kasus Rt/Rw 017/006, Kelurahan Oesapa, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang)

XML

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan mendiskripsikan dampak bermain game online terhadap keaktifan kuliah mahasiswa. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Sistem ketergantungan media yang dikembangkan oleh Sandra Ball Rokeach dan Melfin Defleur. Untuk menentukan informan dalam penelitian ini adalah purposive sampling atau sampling bertujuan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam dengan informan dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini berjumlah 10 orang yang terdiri dari 7 orang laki-laki dan 3 orang perempuan. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada dampak positif dan negatifnya terhadap keaktifan kuliah mahasiswa itu sendiri. Dampak positif yang dirasakan oleh pengguna dari bermain game online yakni, melatih ketangkasan dari kordinasi mata dan tangan, menjadi lebih disiplin, melati kerjasama dalam tim, melatih ketelitian serta sportivitas dan adil. Dampak negatif yang dirasakan oleh pengguna game online, yakni gangguan kesehatan panca indera penglihatan dan pendengaran, suka bermalas- malasan, terbengkalai akan kegiatan dunia nyata, melalaikan tugas-tugas kuliah, pola makan tidak teratur, istirahat yang tidak cukup, menjadi malas mandi, perubahan pola perilaku menjadi individualis saat lagi bersama-sama dengan teman seangkatan/sebaya serta sering kali melalaikan waktu untuk beribadah. kurangnya kontrol diri dari mahasiswa itu sendiri dalam penggunaan game online sehingga berdampak terhadap proses perkuliahan dalam hal ini sering mengabaikan tugas-tugas kuliah hingga yang pada tahap penyelesaian tugas akhir juga sering mengalami keterlambatan dalam menyelesaikan revisi. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah Dampak Positif : melatih ketangkasan dari kordinasi mata dan tangan, menjadi lebih disiplin, melatih kerja sama yang bagus dalam tim, melatih ketelitian, dapat meningkatkan kemampuan belajar, serta sportivitas dan adil. mengurangi stress, dapat berinteraksi dengan orang-orang dari Negara lain, dapat menghindari pergaulan bebas, dapat menghasilkan uang tambahan dari berbagai turnamen, dengan bermain game online bisa menghasilkan uang tambahan dengan cara menjual akun game kepada pengguna lainnya. Dampak negatif : gangguan akan kesehatan panca indera penglihatan dan pendengaran apabila di mainkan kurun waktu yang lama, suka bermalas-malasan, terbengkalai akan kegiatan dunia nyata, melalaikan tugas-tugas kuliah sehingga untuk menyelesaikan studi tidak tepat seperti apa yang mereka rencanakan sewaktu hendak mendaftar kuliah, pola makan tidak teratur dan istirahat yang tidak cukup, malas mandi, perubahan pola perilaku mejadi individualis saat lagi bersama-sama dengan teman seangkatan/sebayanya serta melalaikan waktu untuk beribadah. Saran dalam penelitian ini adalah 1.Mahasiswa sebagai agent of change haruslah lebih bijak dalam menggunakan game online agar dapat mejadikannya sebagai sarana hiburan dan sekaligus sarana pembelajaran untuk menambah wawasan berpikir. Mahasiswa harus membiasakan diri untuk mengisi waktu kosongnya dengan kegiatan-kegiatan positif seperti, berolahraga, berdiskusi dan atau mengikuti kegiatan-kegiatan organisasi baik organisasi internal kampus maupun organisasi eksternal seperti organisasi kerohanian. 2. Kepada orang tua agar mengontrol anaknya yang sedang kuliah. Agar terhindar dari pengaruh negatif dari game online.


Detail Information

Item Type
Penulis
Soleman Purnama Lupe - Personal Name
Student ID
1403030022
Dosen Pembimbing
Penguji
Syamsuryadi - 195712111989011001 - Ketua Penguji
Aris Lambe - 196205021990031001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
69201
Edisi
Published
Departement
Sosiologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
692.01 Lup D
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA