Pola Asuh Orang Tua Dalam Melatih Kemandirian Anak Down Syndrome (Studi Kasus : Orang tua Pada siswa siswi SMA Down syndrome di SLB Pembina Kupang)

Detail Cantuman

Skripsi

Pola Asuh Orang Tua Dalam Melatih Kemandirian Anak Down Syndrome (Studi Kasus : Orang tua Pada siswa siswi SMA Down syndrome di SLB Pembina Kupang)

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pola asuh orang tua, serta faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pengembangan kemandirian anak Down Syndrome. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah self-determination theory yang dikembangkan oleh Deci & Ryan. Pendekatan yang diterapkan dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi serta analisis data dilakukan dalam empat tahapan: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini melibatkan 4 informan, yaitu dua guru sebagai informan pendukung dan dua orang tua murid di SLBN Pembina Kupang, yang dipilih menggunakan metode purposive sampling atau sampling bertujuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh orang tua terhadap anak Down Syndrome cukup bervariasi diantaranya pola asuh pola asuh permisif dan pola asuh otoritatif. Pola asuh ini melibatkan pendekatan alami yang kurang terstruktur dan pendekatan pribadi yang cenderung memberikan perhatian khusus dan kelebihan kepada anak-anak tersebut. Faktor pendukung pengembangan kemandirian anak mencakup dukungan positif, kesabaran, konsistensi dalam pengajaran, dan keterlibatan orang tua. Sementara, faktor penghambat yang sering dihadapi adalah kesulitan dalam komunikasi dan sikap anak yang tidak suka diatur. Kesimpulan dari penelitian ini adalah, pola asuh anak Down syndrome dilakukan secara alami dan kurang terstruktur, serta fokus pada memberikan perhatian khusus dan kelebihan kepada mereka. Faktor pendukung terhadap kemandirian anak melibatkan dukungan positif, kesabaran, konsistensi, dan keterlibatan orang tua, sementara faktor penghambatnya kesulitan berkomunikasi dan sikap anak yang sulit diatur. Peran orang tua dalam mengembangkan kemandirian anak mencakup memberikan contoh konkret, terlibat secara langsung, menciptakan lingkungan yang mendukung, dan memberikan dukungan emosional.

Kata Kunci : Pola Asuh, Kemandirian, Down Syndrome


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
MARIA MARGARETHA KESIANI - Personal Name
Student ID
1903030115
Dosen Pembimbing
Aelshtri Ndandara - 1983080120091220006 - Dosen Pembimbing 1
JENI M ATAUPAH - 0031078707 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Aelshtri Ndandara - 1983080120091220069 - Ketua Penguji
Jeni M Ataupah - 0031078707 - Penguji 1
Chrisistomus S. Oiladang - 196302072000031001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
69201
Edisi
Published
Departement
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
692.01 KES P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA