KARAKTERISTIK BENTUK DAN MAKNA CERITA RAKYAT MOA HITU SEBAGAI CERMINAN KEBUDAYAAN MASYARAKAT DAWAN

Detail Cantuman

Tesis

KARAKTERISTIK BENTUK DAN MAKNA CERITA RAKYAT MOA HITU SEBAGAI CERMINAN KEBUDAYAAN MASYARAKAT DAWAN

XML

Bahasa dan kebudayaan yang hidup dan berkembang dalam suatu masyarakat merupakan dua entitas yang berbeda, namun kedua entitas tersebut dihubungkan menjadi satu kesatuan secara keseluruhan dalam mengungkap pandangan dunia masyarakat. Penelitian ini mengkaji konseptualisasi masyarakat Dawan tentang karakteristik bentuk dan makna cerita rakyat Moa Hitu sebagai cerminan kebudayaan masyarakat Dawan, dengan referensi khusus pada makna tekstual dan kontekstual. Tujuan dari kajian ini adalah untuk memaparkan dan menjelaskan Bentuk dan Makna cerita rakyat Moa Hitu sebagai cerminan kebudayaan masyarakat Dawan.
Kerangka teori utama yang memayungi penelitian ini adalah linguistik kultural, salah satu perspektif teoritis baru dalam linguistik kognitif yang mengkaji hubungan bahasa, kebudayaan, dan konseptualisasi. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif- kualitatif
Hasil penelitian menunjukkan, makna tekstual cerita rakyat Moa Hitu memuat kisah nasib malang yang menimpa seorang pemuda bernama Natui noe yang berubah wujud menjadi tujuh ruas dan tujuh buku setelah mendapat takaf Uisneno. Ia di ibaratkan sebagai makluk rasksasa yang setara dengan Tuhan yang dapat mengatur kehidupan dibumi. Kekhasan yang mencirikan kekhususan karakteristik bentuk cerita rakyat Moa Hitu sebagai cerminan kebudayaan masyarakat dawan tercermin dari aspek struktur yang menunjukkan adanya pertalian antara bagian pendahuluan, bagian isi, dan bagian penutup. Sesuai konseptualisasi yang terpatri dalam peta kognitif masyarakat Dawan, cerita rakyat Moa Hitu memuat seperangkat makna Tekstual dan makna Kontekstual yang saling terkait dalam satu kesatuan secara keseluruhan.

Kata Kunci: Bahasa, Dawan, Masyarakat, Tekstual, Kontekstual


Detail Information

Item Type
Tesis
Penulis
Solita Seniorita Kase - Personal Name
Student ID
2211060006
Dosen Pembimbing
FRANSISKUS BUSTAN - 195604241988031001 - Dosen Pembimbing 1
Hikmah - 196104091988031002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Fransiskus - - Ketua Penguji
Dr. H. Djakariah, M.Pd - 196612051991031002 - Penguji 1
Yeheskial Adriaan Roen - 198110012009121006 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87120
Edisi
Published
Departement
Pascasarjana
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
871.20 Ita K
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA