Pengaruh Literasi Keuangan Dan Finansialteknologi Terhadap Perilaku Keuangan Usaha Mikro Kecil Menengah Kuliner Di Kecamatan Oebobo Kota Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Literasi Keuangan Dan Finansialteknologi Terhadap Perilaku Keuangan Usaha Mikro Kecil Menengah Kuliner Di Kecamatan Oebobo Kota Kupang

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan dan finansial teknologi terhadap perilaku keuangan usaha mikro kecil menengah kuliner di Kecamatan Oebobo Kota Kupang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Dalam menentukan sampel menggunakan teknik probability sampling dan jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 82 orang pelaku usaha bisnis kuliner yang ada di Kecamatan Oebobo Kota Kupang sebagai data primer. Pengambilan data menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada responden. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis regresi linear berganda, uji t dan uji f.
Hasil penelitian ini menunjukkan secara parsial; 1) literasi keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku keuangan Usaha Mikro Kecil Menengah Kuliner di Kecamatan Oebobo Kota Kupang, 2) finansial teknologi berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku keuangan Usaha Mikro Kecil Menengah Kuliner di Kecamatan Oebobo Kota Kupang. Hasil pengujian secara simultan literasi keuangan dan finansial teknologi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap perilaku keuangan Usaha Mikro Kecil Menengah Kuliner Di Kecamatan Oebobo Kota Kupang.
Saran dari penelitian ini ialah bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah Kuliner di Kecamatan Oebobo Kota Kupang agar bisa lebih mendalami tentang pengetahuan keuangan dan pemahaman serta bagaimana cara mengakses produk dan layanan jasa keuangan agar dapat menghasilakan perilaku keuangan yang baik demi meningkatkan kesejahteraan, bagi pemerintah kota diharapkan agar bisa memberikan berbagai edukasi tentang keuangan baik itu literasi keuangan, finansial teknologi, serta perilaku keuangan kepada masyarakat luas, agar lebih paham tentang cara mengelolah keuangan dan tidak salah dalam memilih produk maupun layanan jasa keuangan yang disediakan dan bagi peneliti selanjutnya agar lebih menambah indikator yang ada serta pertanyaan kepada responden lebih banyak lagi dan juga menambah variabel lain dalam penelitian selanjutnya.

Kata kunci: Literasi Keuangan, Finansial Teknologi, Perilaku Keuangan, UMKM Kuliner.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
MARIA LEARTI TAHU - Personal Name
Student ID
1903020043
Dosen Pembimbing
PETRUS EMANUEL DE ROZARI - 196307031989011001 - Dosen Pembimbing 1
Emilia Gie - 199303172020122014 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Petrus Emanuel De Rozari - 196307031989011001 - Ketua Penguji
Emilia Gie - 199303172020122014 - Penguji 1
Junita C. Nenabu - 199606022022032016 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
63211
Edisi
Published
Departement
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
632.11 TAH P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA