TINDAK TUTUR DIREKTIF GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESA KELAS VII DI SMP NEGERI SATAP OEFAFI

Detail Cantuman

Skripsi

TINDAK TUTUR DIREKTIF GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESA KELAS VII DI SMP NEGERI SATAP OEFAFI

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan jenis dan fungsi tindak tutur direktif guru dalam interkasi belajar mengajar mata pelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri Satu Atap Oefafi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik simak bebas libat cakap (langsung) dan teknik rekam. Analisis data menggunakan teknik padan pragmatik. Penentuan jenis dan fungsi tindak tutur direktif dalam interaksi belajar mengajar mata pelajaran bahasa Indonesia didasarkan pada indikator jenis dan fungsi tindak tutur direktif. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini adalah 5 jenis tindak tutur direktif yaitu permintaan, pertanyaan, perintah, larangan, dan nasihat. Fungsi tindak tutur direktif yang ditemukan meliputi meminta, berdoa, mengajak dan berdoa, bertanya, menginterogasi, mengendaki, melarang dan yang terakhir menasehati.

Kata kunci: Tindak Tutur direktif guru dan interaksi belajar mengajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
RANI IMELDA NENABU - Personal Name
Student ID
2001010115
Dosen Pembimbing
ALEX DJAWA - 196108051993031001 - Dosen Pembimbing 1
SEMUEL HAJAI NITBANI - 196105021989031002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Alex Djawa - 196108051993031001 - Ketua Penguji
Semuel Hajai Nitbani - 196105021989031002 - Penguji 1
Labu Djuli - 196207031990031002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
88201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
882.01 Nen T
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA