Proses Pelaksanaan Wurumana Wailaki ( Antar Belis ) Dalam Pernikahan Masyarakat Adat Lio Desa Maurole Kecamatan Maurole Kabupaten Ende Nusa Tenggara Timur ( Dialektika Antara Identitas Dan Realitas )

Detail Cantuman

Skripsi

Proses Pelaksanaan Wurumana Wailaki ( Antar Belis ) Dalam Pernikahan Masyarakat Adat Lio Desa Maurole Kecamatan Maurole Kabupaten Ende Nusa Tenggara Timur ( Dialektika Antara Identitas Dan Realitas )

XML

Tujuan penelitian ini adalah : 1. Mengetahui Proses Penetuan Dan Pelekasanaan Wurumana Wailaki (Antar Belis) Dalam Pernikahan Masyarakat Suku Lio Desa Maurole Kecamatan Maurole Kabupaten Ende 2. Mengetahui Faktor-Faktor Penghambat Dalam Pelekasanaan Wurumana Wailaki (Antar Belis) Dalam Pernikahan Masyarakat Suku Lio Desa Maurole Kecamatan Maurole Kabupaten Ende, 3. Mengetahui Dampak Pelekasanaan Wurumana Wailaki (Antar Belis) Dalam Pernikahan Masyarakat Suku Lio Desa Maurole Kecamatan Maurole Kabupaten Ende.
Penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris yang berfungsi untuk mencari tahu informasi yang berkaitan dengan wurumana wailkaki (antar belis) dalam pernikahan adat suku Lio didesa Maurole. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dengan 5 narasumber. Data di atas secara deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini menjukan 1. melakukan jenis perkawinan adat ana ale, dengan konsep penetuan dan pelaksanaan wurumana wailaki dibagi atas beberapa tahap : lamaran (Teo Tipu Tanda Rara), perkawina adat (Sorondoko Weka Te’e), seserahan setelah perkawinan adat (Gelu Geto Manu), ada pula beberapa proses selanjutnya yang menjadi penunjang dalam melaksanakan urusan belis, dalam adat Lio di Desa Maurole: kumpul kerbat (Minu Moke), kumpul keluarga (Bou Tebo Mondo Lo), antar belis besar (Wurumana – Wailaki Ria), menyaksikan perenikahan secara agama (Nira Nikah), antar mempelai wanita (Tu Are Keta), pemberian seseran sebagai ucapan terimakasih dari keluarga laki-laki (Isi Pusi Mbola), 2. faktor penghambat dalam penentuan dan perlaksanaan wurumana wailaki, atara lain: Faktor ekonomi, Faktor Sosial, Factor minimnya komunikasi yang baik, 3. Dampak yang terjadi pada pelaksanaan wuruman wailaki, antara lain : Dampak Hukum, Dampak Sosial, Dampak Ekonomi.

Kata Kunci : Proses Pelaksanaan, Wurumana Wailaki, Hukum Adat.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
EMANUEL ROBIN LABASON - Personal Name
Student ID
2002010141
Dosen Pembimbing
AGUSTINUS HEDEWATA - 195908281986031004 - Dosen Pembimbing 1
YOSSIE MARIA YULIANTY YACOB - 197807072000501020 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Orpa Juliana Nubatonis - 197507112005012001 - Ketua Penguji
AGUSTINUS HEDEWATA - - 19590828 198603 1 004 - Penguji 1
Yossie Maria Yulianty Yacob - 197807072000501020 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
74101
Edisi
Published
Departement
Fakultas Hukum
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
742.01 LAB P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA