Makna Upacara Adat Pati Karapau Bagi Masyarakat Desa Rokirole (Studi Fenomenologi Pada Masyarakat Desa Rokirole Kecamatan Palue Kabupaten Sikka NTT)

Detail Cantuman

Skripsi

Makna Upacara Adat Pati Karapau Bagi Masyarakat Desa Rokirole (Studi Fenomenologi Pada Masyarakat Desa Rokirole Kecamatan Palue Kabupaten Sikka NTT)

XML

Komunikasi merupakan suatu proses ritual dalam merepresentasikan pertukaran keyakinan atau informasi. Komunikasi ritual dapat ditemukan dalam suatu ritual atau upacara adat. Upacara adat Pati Karapau merupakan upacara yang dilaksanakan lima tahun sekali ditandai dengan penyembelihan seekor kerbau sebagai kurban persembahan kepada leluhur Era Wula Watu Thana. Masyarakat adat Koa memperrcayai roh semesta alam Era Wula Watu Thana turut bercampur tangan dalam semua aspek kehidupan mereka. Tujuan penelitian untuk mengetahui proses pelaksanaan upacara dan menganalisis motif atau makna upacara Pati Karapau bagi masyarakat kampung Koa Desa Rokirole. Jenis penelitian yang digunakan kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara mendalam dan dokumentasi. Peneliti menggunakan teori fenomenologi Alfred Schutz guna menganalisis makna dan motif yang terkandung dalam Pati Karapau. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pelaksanaan upacara Pari Karapau terdiri dari beberapa tahapan yaitu uru nera, hasa hupi, kakha watu dan tokho cei watu mite patola, khota watu dan tokho takhi tana, oro cipo, oro cai rangga, tokho niu phiga, Pati Karapau (phoka pu'u ca supo ngalu lawa), tasi mosa, khau polo, dan rotolo. Makna upacara adat Pati Karapau bagi masyarakat kampung adat Koa adalah sebagai upacara kegembiraan dan syukuran kepada Era Wula Watu Thana, diyakini sebagai pemulihan dosa inses dan kesalahan di masa lau, dan sebagai harapan memperoleh kesejahteraan hidup di masa mendatang. Motif masyarakat melaksanakan upacara adat Pati Karapau adalah untuk melestarikan budaya traidis adat Pati Karapu,untuk mengucap syukur dan terima kasih kepada Era Wula Watu Thana atas perlindungan lima tahun yang lalu, untuk pemulihan dosa inses, permohonan perlindungan untuk lima tahun mendatang.
.
Kata Kunci : Upacara Pati Karapau, Proses, Motif, Makna


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Maya Mariana Weka - Personal Name
Student ID
2003050122
Dosen Pembimbing
Veki Edizon Tuhana - 198902062019031012 - Dosen Pembimbing 1
Fitri Titi Meilawati - 8809023419 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Veki Edizon Tuhana - 198902062019031012 - Ketua Penguji
Fitria Titi Meilawati - 8809023419 - Penguji 1
MARIA YULITA NARA - 198905182019032024 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
70201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Komunikasi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
702.01 Wek M
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA