Implementasi Kebijakan Pemerintah Daerah Kabupaten Flores Timur Tentang Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) (Studi kasus tentang pembangunan jaringan air bersih di Desa Lewobele Kecamatan Adonara Tengah Kabupaten Flores Timur)

Detail Cantuman

Skripsi

Implementasi Kebijakan Pemerintah Daerah Kabupaten Flores Timur Tentang Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) (Studi kasus tentang pembangunan jaringan air bersih di Desa Lewobele Kecamatan Adonara Tengah Kabupaten Flores Timur)

XML

Tujuan dari penelitian ini, peneliti ingin menganalisis bagaimana Implementasi Kebijakan Pemerintah Daerah Kabupaten Flores Timur Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Desa Lewobele Kecamatan Adonara Tengah Kabupaten Flores Timur. Penelitian ini menggunakan metode penelitiaan kualitatif untuk mendapatkan hasil penelitian yang sistematis dan sesuai dengan fakta dilapangan. Penelitian ini menggunakan teori Implementasi Kebijakan Merrile S. Grindel yang dalam teori ini terdapat dua ide besar yang dikemukan oleh Grindel yaitu konteks isi kebijakan dan konteks lingkungan implementasi. Menurut Grindel keberhasilan suatu implementasi kebijakan dipengaruhi oleh dua hal tersebut. Baik dalam isi kebijakan maupun lingkungan implementasi. Jika kedua hal tersebut saling mendukung maka keberhasilan implementasi akan tercapai. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Implementasi Kebijakan Pemerintah Daerah Kabupaten Flores Timur Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Desa Lewobele belum dikatakan berhasil atau dinyatakan gagal. Kegagalan implementasi kebijakan ini dipengaruhi oleh yakni sumber daya keuangan yang tidak mencukupi untuk melaksanakan proses implementasi kebijakan. Kekurangan sumber daya keuangan tersebut sehingga menyebabkan tidak tersedianya fasilitas yang baik untuk mendukung proses implementasi. Dalam hal ini tidak tersedianya mesin untuk memompa air agar dapat dialirkan ke topografi yang lebih tinggi yaitu Desa Lewobele sebagai sasaran kebijakan. Jadi dapat disimpulkan bahwa antara isi kebijakan dan konteks lingkungan implementasi tidak saling mendukung.

Kata Kunci : Implementasi Kebijakan, Pemeritah Daerah dan Air Bersih.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
2003040037
Dosen Pembimbing
ESRAH DISYON NINO AM BENU - 197912042009121003 - Dosen Pembimbing 1
SYAHRIN B. KAMAHI - 19890420 201903 1 019 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Esrah Disyon Nino Am Benu - 197912042009121003 - Ketua Penguji
SYAHRIN BADRIN KAMAHI - - Penguji 1
Alfridus S. D. Dari - 198403112014041001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
67201
Edisi
Published
Departement
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
672.01 TUK I
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA