PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VIII DI UPTD SMP NEGERI 6 KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VIII DI UPTD SMP NEGERI 6 KUPANG

XML

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa di kelas VIII UPTD SMP Negeri 6 Kupang. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional (ceramah) pada Mata Pelajaran IPS siswa Kelas VIII di UPTD SMP Negeri 6 Kupang
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan Quasi Eksperimen. Subjek dalam penelitian ini terdiri atas 2 kelas kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan VIII A sebagai kelas kontrol. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII UPTD SMP Negeri 6 Kupang yang berjumlah 267 siswa, sedangkan sampel pada penelitian ini adalah 64 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa yaitu observasi dan tes dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 17 soal.
Berdasarkan deskripsi hasil belajar kelas kontrol, menunjukkan bahwa hasil belajar yang menggunakan model konvensional pada tahap pretest, dari 32 siswa tidak ada siswa yang hasil belajarnya tuntas, 32 (100%) tidak tuntas. Sedangkan pada tahap posttest sebanyak 10 (31,25%) mencapai KKTP dan tuntas, dan 22 (68,75%) tidak tuntas. Selanjutnya, berdasarkan deskripsi hasil belajar kelas eksperimen, menunjukkan bahwa hasil belajar kelas yang menggunakan model kooperatif tipe jigsaw pada tahap pretest dari 32 siswa hanya 8 (25%) orang tuntas, dan 24 (75%) tidak tuntas, sedangkan pada tahap posttest sebanyak 27 (84,37%) mencapai KKTP dan tuntas, dan 5 (16,62%) tidak tuntas.
Hasil analisis data diperoleh hasil pengujian perbedaan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar (65,15) dengan standar deviation 10.887 dan nilai rata-rata kelas eksperimen adalah (81,06) dengan standar deviation 7.919. maka ada perbedaan hasil belajar yang signifikan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan yang menggunakan model konvensional (ceramah). Hal ini membuktikan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak.




Kata kunci : Model Kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Belajar, Mata Pelajaran IPS


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
MARIA FITRIANITA JAYA - Personal Name
Student ID
2001080003
Dosen Pembimbing
Yeheskial Nggandung - 19630127199031002 - Dosen Pembimbing 1
Andri Paulus Loe - 199105272019031014 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
MARKUS UMBU K. YEWANG - 196412231994031002 - Ketua Penguji
Drs. Yeheskial Nggandung, M.Si - 1963027 199003 1 002 - Penguji 1
Andri Paulus Loe, S.Pd, M.Pd - 199105272019031014 - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87203
Edisi
Published
Departement
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.03 Jay. P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA