Skripsi
PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN IPAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IV UPTD SDN SIKUMANA 1 KOTA KUPANG
XMLSkripsi oleh Maria Gorety Rianghepat, NIM 2001140083, dengan judul “Penggunaan model problem based learning dalam pembelajaran IPAS untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV UPTD SDN Sikumana 1 Kota Kupang. Rumusan masalah dalam penelitian adalah bagaimana penggunaan model problem based learning dalam pembelajaran IPAS untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV UPTD SDN Sikumana 1 Kota Kupang. Dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang penggunaan model problem based learning pada pembelajaran IPAS di kelas IV UPTD SDN Sikumana 1. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari beberapa tahap yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan tes, dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yakni deskriptif kualitatif dengan mencari ketuntasan hasil belajar siswa melalui lembar observasi dan tes dengan subjek penelitian yang berjumlah 23 orang terdiri atas 10 perempuan dan 13 laki-laki.
Penelitian ini diadakan di UPTD SDN Sikumana 1 dengan hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I dari 23 siswa yang tuntas 16 orang (69,56%) tuntas karena aktif dalam proses pembelajaran, memahami materi yang disampaikan, bekerja sama dalam kelompok dan mengerjakan soal evaluasi yang diberikan dengan benar. Selanjutnya yang tidak tuntas 7 orang (30,44%) tidak tuntas karena tidak memperhatikan penjelasan guru, bermain dan bercerita saat pembelajaran berlangsung, kurang aktif dalam diskusi kelompok dan tidak mampu mengerjakan soal evaluasi yang diberikan dengan benar. Selanjutnya pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari 23 siswa yang tuntas 21 orang (91,30%) tuntas karena aktif dalam pembelajaran, bekerja sama dalam kelompok, memahami materi yang disampaikan dan mampu mengerjakan soal evaluasi dengan benar, sedangkan 2 orang tidak tuntas karena tidak memperhatikan penjelasan guru dan tidak mengerjakan soal tes yang diberikan dengan benar untuk itu 2 orang akan diberikan pengayaan oleh guru kelas.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model problem based learning pada pembelajaran IPAS dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV UPTD SDN Sikumana 1 Kota Kupang.
Kata Kunci : Problem Based Learning, Norma dan Adat Istiadat, Hasil Belajar.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Maria Gorety Rianghepat - Personal Name
|
Student ID |
2001140083
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Ketua Penguji
Andreas Ande - 196210101989031004 - Penguji 1 Sofia G. Un Lala 19920430 202012 2 016 - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Ria P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |