PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN IPAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IV UPTD SDN SIKUMANA 1 KOTA KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN IPAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IV UPTD SDN SIKUMANA 1 KOTA KUPANG

XML

Skripsi oleh Maria Gorety Rianghepat, NIM 2001140083, dengan judul “Penggunaan model problem based learning dalam pembelajaran IPAS untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV UPTD SDN Sikumana 1 Kota Kupang. Rumusan masalah dalam penelitian adalah bagaimana penggunaan model problem based learning dalam pembelajaran IPAS untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV UPTD SDN Sikumana 1 Kota Kupang. Dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang penggunaan model problem based learning pada pembelajaran IPAS di kelas IV UPTD SDN Sikumana 1. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari beberapa tahap yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan tes, dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yakni deskriptif kualitatif dengan mencari ketuntasan hasil belajar siswa melalui lembar observasi dan tes dengan subjek penelitian yang berjumlah 23 orang terdiri atas 10 perempuan dan 13 laki-laki.
Penelitian ini diadakan di UPTD SDN Sikumana 1 dengan hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I dari 23 siswa yang tuntas 16 orang (69,56%) tuntas karena aktif dalam proses pembelajaran, memahami materi yang disampaikan, bekerja sama dalam kelompok dan mengerjakan soal evaluasi yang diberikan dengan benar. Selanjutnya yang tidak tuntas 7 orang (30,44%) tidak tuntas karena tidak memperhatikan penjelasan guru, bermain dan bercerita saat pembelajaran berlangsung, kurang aktif dalam diskusi kelompok dan tidak mampu mengerjakan soal evaluasi yang diberikan dengan benar. Selanjutnya pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari 23 siswa yang tuntas 21 orang (91,30%) tuntas karena aktif dalam pembelajaran, bekerja sama dalam kelompok, memahami materi yang disampaikan dan mampu mengerjakan soal evaluasi dengan benar, sedangkan 2 orang tidak tuntas karena tidak memperhatikan penjelasan guru dan tidak mengerjakan soal tes yang diberikan dengan benar untuk itu 2 orang akan diberikan pengayaan oleh guru kelas.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model problem based learning pada pembelajaran IPAS dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV UPTD SDN Sikumana 1 Kota Kupang.

Kata Kunci : Problem Based Learning, Norma dan Adat Istiadat, Hasil Belajar.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Maria Gorety Rianghepat - Personal Name
Student ID
2001140083
Dosen Pembimbing
ANDREAS ANDE - 19621010198903 1 004 - Dosen Pembimbing 1
Sofia G.Un Lala - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Ketua Penguji
Andreas Ande - 196210101989031004 - Penguji 1
Sofia G. Un Lala 19920430 202012 2 016 - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Ria P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA