Analisis Faktor Kesulitan Belajar Siswa Kelas XII Jurusan Teknik Furniture Di SMK Negeri 4 Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Analisis Faktor Kesulitan Belajar Siswa Kelas XII Jurusan Teknik Furniture Di SMK Negeri 4 Kupang

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1). faktor internal apa saja yang dialami siswa dalam menghadapi kesulitan belajar, 2). faktor eksternal apa saja yang dihadapi siswa dalam menghadapi kesulitan belajar, 3). bagaimana cara siswa dalam mengatasi kesulitan belajar teori dan praktek pada jurusan teknik furniture 4). bagaimana cara guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada jurusan teknik furniture di SMK Negeri 4 Kupang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif dengan jumlah subjek penelitian 15 orang yaitu siswa jurusan Teknik furniture. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, pengamatan mendalam, dan dokumentasi. Data di analisis menggunakan teori Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukan: 1) Faktor internal kesehatan salah satu faktor penyebab siswa mengalami kesulitan belajar, sedangkan faktor motivasi merupakan faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan belajar yang menyebabkan kurangnya percaya diri dalam bidang akademis; 2). Faktor eksternal lingkungan sekolah, menunjukan siswa mengalami kesulitan belajar yang disebabkan ketidaknyamanan dan ketidakberaturan tata letak ruang kelas serta kondisi ruangan yang panas sedangkan faktor lingkungan masyarakat menyebabkan kesulitan belajar dikarenakan komentar negatif tetangga, serta adanya perbedaan didalam budaya yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan belajar; 3) Cara siswa dalam mengatasi kesulitan belajar dengan lebih fokus mendengarkan dan memahami setiap materi yang disampaikan, dan bertanya kepada teman yang sudah memahami materi atau langsung menanyakan kepada guru; dan 4) Cara guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa yaitu dengan memilah bakat dari masing-masing siswa untuk menggali setiap potensi yang ada pada diri mereka dan melakukan pendekatan personal yang sesuai dengan kebutuhan individu siswa. Kesimpulan dalam penelitian ini menunjukan bahwa dari faktor internal terdapat faktor kesehatan dan motivasi yang menyebabkan kesulitan belajar dan pada faktor eksternal terdapat faktor lingkungan sekolah, lingkungan masyarakat dan dukungan keluarga yang menyebabkan kesulitan belajar siswa. Cara siswa dalam mengatasi kesulitan belajar dengan lebih fokus mendengarkan dan memahami setiap materi yang disampaikan serta cara guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa yaitu dengan memilah bakat dari masing-masing siswa.

kata kunci : faktor internal, faktor eksternal,cara siswa mengatasi kesulitan belajar dan cara guru mengatasi kesulitan belajar siswa di SMK Negeri 4 kupang.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
RIZKY RINARDY KORE - Personal Name
Student ID
1901110060
Dosen Pembimbing
TETTY SETIAWATY - 196205231988032003 - Dosen Pembimbing 1
Roly Edyan - 198806222020121002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Asrial - 196111051990031001 - Ketua Penguji
Tetty Setiawaty - 196205231988032003 - Penguji 1
Roly Edyan-19611105 199003 1 001 - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
83205
Edisi
Published
Departement
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
832.05 KOR A
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA