Inovasi Pelayanan Informasi Melalui Website Desa Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik (Studi Kasus Di Desa Nihaone Kecamatan Ile Boleng Kabupaten Flores Timur)

Detail Cantuman

Skripsi

Inovasi Pelayanan Informasi Melalui Website Desa Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik (Studi Kasus Di Desa Nihaone Kecamatan Ile Boleng Kabupaten Flores Timur)

XML

Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui dan Menganalisis Inovasi Pelayanan Informasi Melalui Website Desa Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik di Desa Nihaone Kecamatan Ile Boleng Kabupaten Flores Timur. Rumusan masalahnya Bagaimana Inovasi Pelayanan Informasi Melalui Website Desa Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik di Desa Nihaone. Jenis dan pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Informan yang menjadi narasumber dalam penelitian ini adalah 15 orang. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yakni teori inovasi menurut Evertt M. Rogers (Suwarno, 2008:).
Hasil penelitian menunjukan bahwa Pemerintah Desa Nihaone sudah menerapkan website desa dengan memiliki keunggulan relative dari inovasi sebelumnya, dapat dilihat dari keunggulan website yaitu kefektifan dalam penyediaan informasi dan keterbaruan informasi dalam website yang selalu diupdate. Website desa yang dibangun dengan mempertimbangkan nilai-nilai dari inovasi sebelumnya serta kesesuaian terhadap kebutuhan yang spesifik dari masyarakat setempat. Pemerintah Desa Nihaone menghadapi tantangan dalam mengelola website desa. Kendala utama yang dihadapi meliputi masalah jaringan yang tidak memadai, dan minimnya kemampuan sumber daya manusia. Selain itu juga, adanya implementasi menu website yang sederhana tetapi sebagian masyarakat belum bisa memanfaatkannya secara optimal. Kurangnya sosialisasi menimbulkan tantangan dalam mencapai tujuan. Meskipun demikian, langkah transparansi yang dilakukan oleh pemerintah desa melalui website tersebut merupakan langkah positif. Penyediaan website ini memiliki potensi besar untuk meningkatkan keterlibatan masyarakat untuk memperoleh informasi desa dalam menunjang transparansi, efektif dan efesien dalam pelayanan dan akuntabel sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Kata Kunci : Inovasi, Pelayanan Informasi, Website, Kualitas Pelayanan Publik


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
MARTHA KENAHIN DEMON - Personal Name
Student ID
2003010048
Dosen Pembimbing
Melkisedek N.B.C Neolaka - 196305191989011001 - Dosen Pembimbing 1
ALFRED OMRI ENA MAU - 198104272006041002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Melkisedek N B C Neolaka - 196205191989011001 - Ketua Penguji
Alfred O. Ena Mau - 198104272006041002 - Penguji 1
Rouwland A. Benyamin - 198108012023211006 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
63201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Addministrasi Negara
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
632.01 DEM I
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA