Skripsi
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 ROTE BARAT
XMLPenelitian ini ialah jenis penelitian kuantitatif yang menggunakan pendekatan kuasi eksperimen. Penelitian ini di SMA Negeri 1 Rote Barat, dengan permasalahanya adalah hasil belajar siswa rendah terlihat dari nilai ulangan tengah semester (PTS). Tujuan penelitian yakni untuk meningkatkan hasil belajar siswa, dengan mengunakan tes untuk mengumpulkan data, tes diuji kepada 60 sampel dari 87 populasi, data yang dikumpulkan kemudian diola menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa Kelas XI IPS 1 (kelas kontrol) pada post-test memiliki jumlah siswa yang tuntas sebanyak 11 siswa (36,67%) dan jumlah siswa yang tidak tuntas sebanyak 19 siswa (63,33). Sedangkan siswa Kelas XI IPS 3 (kelas eksprimen) pada post-test memiliki jumlah siswa yang tuntas sebanyak 21 siswa (70%) dan jumlah siswa yang tidak tuntas sebanyak 9 siswa (30%). Hasil uji t diperoleh t hitung = 2,661 ˃ t tabel = 1,672. Hasil ini menunjukan hipotesis (H2) yang menyatakan ada pengaruh model pembelajarn problem solving terhadap hasil belajar siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Rote Barat diterima. Dan juga hasil uji beda diperoleh nilai signifikasi 0,01 ˂ 0,05. Hasil ini menujukan bahwa hipotesis (H1) yang menyatakan ada perbedaan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen (problem solving) dengan kelas kontrol (diskusi) pada mata pelajaran ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Rote Barat diterima.
Kata Kunci: Problem Solving, Diskusi, Hasil Belajar Siswa.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Tince Anjela Giri - Personal Name
|
Student ID |
1901080001
|
Dosen Pembimbing |
Yeheskial Nggandung - 19630127199031002 - Dosen Pembimbing 1
Andri Paulus Loe - 199105272019031014 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Yeheskial Nggandung - 198408142019032008 - Ketua Penguji
Andri Paulus Loe - 199105272019031014 - Penguji 1 ERIKA FERONIKA Br SIMANUNGKALIT - 199212222019032017 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
87203
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Ekonomi
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
872.03 Gir P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |