PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK BERBASIS LITERASI SAINS PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN UNTUK KELAS VIII DI SMP PLUS ATTIN KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK BERBASIS LITERASI SAINS PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN UNTUK KELAS VIII DI SMP PLUS ATTIN KUPANG

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran flipbook berbasis literasi sains. Pengembangan ini difokuskan pada materi sistem pencernaan, sebagai sumber atau media belajar dalam memecahkan masalah pembelajaran dan mengetahui kelayakan media pembelajaran flipbook berbasis literasi sains pada materi sistem pencernaan untuk kelas VIII di SMP Plus Atin Kupang yang telah dikembangkan. Jenis Penelitian ini digunakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu: (1) analisis, (2) desain, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMP Plus Attin Kupang. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi produk, angket respon guru, respon peserta didik dan lembar soal pretest-posttest. Media pembelajaran flipbook berbasis literasi sains divalidasi oleh 6 ahli yaitu 3 ahli materi, dan 3 ahli media, sedangkan untuk respon guru dan peserta didik akan dinilai oleh 1 orang guru IPA dan peserta didik SMP Plus Attin Kupang yaitu ujicoba kelompok kecil 05 orang dan uji coba kelompok besar 22 orang peserta didik. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian diperoleh bahwa pengembangan media pembelajaran flipbook berbasis literasi sains sangat valid dengan nilai rata-rata 100% untuk instrumen penilaian materi yang disajikan, dan 96% untuk media yang disajikan. Hasil penilaian guru dan peserta didik terhadap media pembelajaran flipbook berbasis literasi sains ini yaitu uji coba kelompok kecil termasuk kategori “sangat menarik” dengan persentase 96% dan 82% dan uji coba kelompok besar termasuk kategori “sangat menarik” dengan persentase 85%. Berdasarkan penilaian uji coba
kelompok besar menunjukan bahwa media pembelajaran flipbook berbasis literasi sains ini dapat berpengaruh baik dan dapat meningkatkan literasi sains peserta didik dengan nilai rata-rata 67,27% menjadi 80,90% dengan kategori baik, sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran flipbook berbasis literasi sains pada materi sistem pencernaan kelas VIII di SMP Plus Attin Kupang layak digunakan dan dapat meningkatkan literasi sains peserta didik.

Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran flipbook, Materi sistem pencernaan


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Yandri Rambu Sada Moki - Personal Name
Student ID
2001040086
Dosen Pembimbing
ANDAM S ARDAN - 197205271999032001 - Dosen Pembimbing 1
Maryanto C. Honin - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Angela Gabriela Lika - 196402281989032002 - Ketua Penguji
Andam S Ardan - 197205271999032001 - Penguji 1
Maryanto C. Honin - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Biologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.05 Mok P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA