Skripsi
Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Terhadap Materi Perubahan Bentuk Energi Di Kelas IV SD Inpres Oepura 1 Kupang
XMLKesalahan dalam memilih model pembelajaran menjadi salah satu penyebab rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa. Guna mengatasi masalah tersebut, yang menjadi tujuan penilitan ini adalah meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV terhadap materi perubahan bentuk energi melalui penerapan model Problem Based Learning di SD Inpres Oepura 1 Kupang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan melalui 2 siklus berdasarkan tahapan-tahapan yang terencana dengan mengambil lokasi penelitian di SD Inpres Oepura 1 Kupang. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas IVB yang berjumlah 16 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes.
Motivasi dan hasil belajar siswa meningkat dari siklus I ke siklus II. Motivasi belajar, yang mencapai kategori motivasi tinggi pada siklus I hanyalah 2 siswa dengan persentasenya 12,5%, sedangkan pada siklus II 14 siswa dengan persentasenya 87,5%. Terkait hasil belajar, ditunjukan dengan perolehan nilai rata-rata siswa pada siklus I sebesar 68.31 dengan persentase ketuntasan yang diperoleh 56%, sedangkan untuk hasil tes siklus II rata-rata nilai yang diperoleh siswa yaitu 82.06 dengan persentase ketuntasan 87,5%.
Berdasarkan rumusan masalah pada penelitian ini maka disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa terhadap materi perubahan bentuk energi di kelas IV SD Inpres Oepura 1 Kupang terbukti tepat.
Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Motivasi, Hasil belajar
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
TRUITJE ELISABET PLAIKARI - Personal Name
|
Student ID |
2001140109
|
Dosen Pembimbing |
MOSES KOPONG TOKAN - 196312311992031202 - Dosen Pembimbing 1
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Ketua Penguji
Moses K. Tokan - 196312311992031202 - Penguji 1 Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 PLA P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |