Etika Bertutur Kata Peserta Didik Di SMA Negeri 4 Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Etika Bertutur Kata Peserta Didik Di SMA Negeri 4 Kupang

XML

Lingkungan sekolahmengharapkan para peserta didik untuk lebih sopan santun dalam berbicara maupun bertindak dalam segala situasi, namun seiring dengan perkembangan zaman etika sopan santun dalam bertutur kata mulai luntur. Hal ini karena peserta didik menemukan jati dirinya dan membentuk pergaulan baru dari berbagai latar belakang yang berbeda sehingga mempengaruhi kebiasaan bertutur antar pelajar.Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran etika bertutur kata peserta didik di SMA Negeri 4 Kupang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket etika bertutur kata. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan bantuan Microsoft office excel dan SPSS versi 29.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa etika bertutur kata peserta didik beradadominan pada kategori rendah yaitu sebanyak 136 orang peserta didik atau sebesar 53,97%. Hasil analisis data etika bertutur kata peserta didik juga dinilai dari keseluruhan aspek yang terdiri dari 7 aspek, diperoleh hasil yaitu pada aspek kemampuan mengendalikan emosi agar tidak lepas kontrol dalam berbicara memperoleh hasil persentase sebanyak 48,41%, aspek kemampuan memperlihatkan sikap bersahabat memperoleh hasil persentase sebayak 54,76%, aspek menggunakan kode bahasa yang mudah dipahami memperoleh hasil persentase sebanyak 54,76%, aspek kemampuan memilih topik yang disukai memperoleh persentase sebesar 50%, aspek kemukakan tujuan pembicaraan dengan jelas memperoleh hasil persentase sebanyak 46,03%, aspek memilih bentuk kalimat yang baik yang mudah dipahami dan diterima memperoleh persentase sebesar 46,03% dan pada aspek memperhatikan norma penutur memperoleh persentase sebesar 50,40%. Dari keseluruhan persentase tergolong dalam tingkat klasifikasi kategori rendah.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa etika bertutur kata peserta didik di SMA Negeri 4 Kupang masih tergolong kurang baik pada tiap aspek-aspek etika bertutur kata.

Kata Kunci : Etika, Bertutur Kata, Peserta Didik


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
YUNISA YOSARNIA LALAN - Personal Name
Student ID
1901160018
Dosen Pembimbing
KHETYE ROMELYA SABA - 197901092008122002 - Dosen Pembimbing 1
Andriani P. Nalle - 198304142008122004 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Khetye Romelya Saba - 197901092008122002 - Ketua Penguji
Andriani Paulin Nalle - 198304142008122004 - Penguji 1
Rizky M. Aryance Abel - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86201
Edisi
Published
Departement
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.01 LAL E
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA