PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN PENDEKATAN STEM PADA MATERI PEWARISAN SIFAT PADA MAKHLUK HIDUP DAN KELAINAN SIFAT YANG DITURUNKAN UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA KELAS IX SMP NEGERI 3 KOTA KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN PENDEKATAN STEM PADA MATERI PEWARISAN SIFAT PADA MAKHLUK HIDUP DAN KELAINAN SIFAT YANG DITURUNKAN UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA KELAS IX SMP NEGERI 3 KOTA KUPANG

XML

Penelitian telah dilaksanakan pada bulan Februari – Maret tahun ajaran 2023/2024. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan STEM pada materi pewarisan sifat pada makhluk hidup dan kelainan sifat yang diturunkan untuk meningkatkan literasi sains siswa kelas IX SMP Negeri 3 Kota Kupang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang menggunakan model Kurt Lewin. Rancangan penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap silus terdiri dari tahapan perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX K yang berjumlah 31 siswa, terdiri dari 15 laki – laki dan 16 perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mencakup data observasi guru mengelola kelas dan observasi aktivitas peserta didik, data tes individu dan tes kelompok. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukan data hasil observasi pemikiran kritis siswa pada siklus I memperoleh rata – rata sebesar 70,87% meningkat pada siklus II sebesar 13,81% menjadi 84,68% kategori sangat kritis dan kualifikasi berhasil. Hasil observasi keterampilan guru mengelola kelas pada siklus memperoleh persentase sebesar 75% dengan kategori terlaksana meningkat pada siklus II dengan persentase 93% dengan kategori sangat terlaksana dan kualifikasi berhasil. Hasil peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada saat siklus I memperoleh skor sebesar 70,87 % termasuk dalam kategori kritis mengalami peningkatan sebesar 16,93% pada siklus II rata – rata berpikir kritis siswa menjad 87,80% termasuk dalam kategori sangat kritis. Hasil penelitian diperoleh rata – rata literasi sains pada siklus I sebesar 73,77% dengan ketuntasanklasikal 48% termasuk dalam kategori cukup baik dan terdapat 15 dari 31 siswa mendapat nilai di atas kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran. Pada siklus II juga terjadi kenaikan rata – rata literasi sains siswa yaitu 87,88 dengan ketuntasan klasikal 93% termasuk dalam kategori sangat kritis dan terdapat 29 dari 31 siswa yang mendapat nilai di atas kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan stem pada materi pewarisan sifat pada makhluk hidup dan kelainan sifat yang diturunkan dapat meningkatkan literasi sains siswa kelas IX SMP Negeri 3 Kota Kupang.
Kata Kunci : Problem Based Learning, STEM, Literasi Sains, Aktifitas Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Paula Desy Lamablawa - Personal Name
Student ID
2001040004
Dosen Pembimbing
ANGELA GABRIELA LIKA - 196402281989032002 - Dosen Pembimbing 1
Moses K. Tokan - 196312311992031202 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Angela Gabriela Lika - 196402281989032002 - Ketua Penguji
Moses K. Tokan - 196312311992031202 - Penguji 1
PAULUS TAEK - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Biologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.05 Lam P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA