Laporan Penelitian
Pengaruh Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) terhadap Masa Studi Mahasiswa Program Studi Matematika
XMLTujuan penelitian ini adalah untuk : Menjelaskan pengaruh IPK terhadap masa
studi mahasiswa; Memprediksi masa studi mahasiswa aktif berdasarkan IPK;
Menjelaskana hubungan antara IPK dengan masa studi. Metode analisis data yang
digunakan adalah Analisis Regresi Linier sederhana dan Analisis Korelasi. Analisis regresi adalah analisis yang menyatakan pengaruh atau hubungan sebab
akibat antara satu atau lebih peubah penjelas dengan peubah responnya (di sini
jelas definisi mana peubah penjelas dan peubah respon serta pola hubungannya
bisa linier atau non linier). Sedangkan korelasi menyatakan keeratan hubungan
linier antara dua buah peubah. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa IPK
mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Lama Studi di mana ketika IPK
bertambah satu maka Lama Studi akan berkurang sebanyak 5,24 semester.
Mahasiswa dengan IPK 2.68, diprediksi akan menempuh masa studi antara 11.92
semester hingga 12.90 semester, sedangkan untuk mahasiswa yang mempunyai
IPK 3.64 diprediksi akan menempuh masa studi antara 6.8 semester hingga 7.95
semester, dan mahasiswa dengan IPK kurang dari 2.00 yaitu 1.73 diprediksi akan
mengalami drop out (DO). Dari hasil analisis juga diperoleh nilai korelasi sebesar
r = -0,71 dengan nilai p-value 0,000 yang menyatakan bahwa ada korelasi negatif
yang cukup kuat antara variabel IPK dan Lama Studi, artinya jka ada peningkatan
IPK mahasiswa maka lama studi mahasiswa berkurang, dan sebaliknya jika IPK
mahasiswa menurun maka lama studi akan bertambah.
Keyword : IPK, Masa Studi, Regresi linier, Korelasi
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis | |
Student ID |
197905012003122001
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
44201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Matematika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA : Kupang., 2020 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
442.01 ATT P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |