Dampak Politik Identitas Dalam Pemilihan Kepala Desa Terhadap Kohesi Sosial Masyarakat Dan Demokrasi (Studi Kasus di Desa Samparong, Kecamatan Alok, Kabupaten Sikka)

Detail Cantuman

Skripsi

Dampak Politik Identitas Dalam Pemilihan Kepala Desa Terhadap Kohesi Sosial Masyarakat Dan Demokrasi (Studi Kasus di Desa Samparong, Kecamatan Alok, Kabupaten Sikka)

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak politik identitas dalam pilkades terhadap kohesi sosial masyarakat dan demokrasi di Desa Samparong Kecamatan Alok Kabupaten Sikka. Didalam kontestasi pikades ada hal yang menjadi orientasi pemilih sebagai referensi dalam menentukan pilihan. pemilih sangat mementingkan ideologi kontestan sehingga cenderung subjektif. Perilaku pemilih memposisikan agama, etnis, bahasa dan budaya kontestan sebagai acuan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. penelitian studi kasus termasuk dalam satu di antara beberapa jenis penelitian kualitatif yang sering digunakan penelitian. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengolahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan 4 tahap yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Setelah mendapatkan hasil yang telah diteliti, langkah selanjutnya peneliti menguji kredibilitas (validitas data) atau (kepercayaan terhadap data hasil dari penelitian). Untuk pengembangan validitas yang digunakan oleh peneliti dalam melakukan penelitian ini adalah teknik triangulasi. Hasil penelitian menujukan bahwa dampak politik identitas sangat signifikan dalam mempengaruhi tingkat kerenggangan terhadap kohesi sosial masyarakat, disamping itu prinsip demokrasi seperti kebebasan individu (hak memilih) yang fokus terhadap tingkat partisipasi pemilih meningkat walaupun masih ada partisipasi yang kurang dari suku minoritas, selain itu juga penegakan terhadap diskriminasi dalam proses pilkades diawasi cukup baik oleh pemerintah desa dan tokoh masyarakat, sehingga menciptakan kondisi yang sehat terhadap perpolitikan di Desa Samparong pada periode 2016.

Kata Kunci : Kohesi, Demokrasi, politik identitas


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
LA ARI - Personal Name
Student ID
2003010046
Dosen Pembimbing
MADE NGURAH DEMI ANDAYANA - 197010292009121001 - Dosen Pembimbing 1
Yaherlof FoEh - 196205251989012001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Made Ngurah Demi Andayana - 197010292009121001 - Ketua Penguji
Yaherlof Foeh - 196205251989012001 - Penguji 1
Petrus Kase - 196208091988031002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
63201
Edisi
Published
Departement
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
632.01 ARI D
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA