Skripsi
Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Model Problem Based Learning pada Materi Teknologi untuk Kehidupan di Kelas V UPTD SD Negeri Oebobo 2 Kota Kupang
XMLPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS kelas V melalui penerapan model pembelajaran problem based learning. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan model problem based learning yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Pada satu siklus terdiri empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di UPTD SD Negeri Oebobo 2 Kota Kupang. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V UPTD SD Negeri Oebobo 2 Kota Kupang tahun ajaran 2023/2024 yang terdiri dari 27 peserta didik. Tindakan yang dilakukan adalah menerapkan model pembelajaran problem based learning. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan tes.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran pada Bab 3 (Magnet, Listrik, dan Teknologi untuk Kehidupan) Topik C (Teknologi untuk Kehidupan) dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V UPTD SD Negeri Oebobo 2 Kota Kupang . Pada siklus I mendapatkan kriteria Baik (B) dengan persentasi ketuntasan hasil belajar peserta didik yang di peroleh 66,66% sedangkan hasil belajar siswa pada siklus II mendapatkan kriteria baik sekali (BS) dengan persentasi ketuntasan yang diperoleh 92,59%. Jadi model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajarpeserta didik.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Dorce Agnes Daepanie - Personal Name
|
Student ID |
2001140056
|
Dosen Pembimbing |
TATY ROSIANA KOROH - 196210041988112001 - Dosen Pembimbing 1
Netty E. A. Nawa, S.Pd., M.Pd - - 197809292024212001 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Maxsel Koro, M.Pd_NIP. 19901118 201903 1 007 - - Ketua Penguji
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Penguji 1 Netty E. A. Nawa, S.Pd., M.Pd - 197809292024212001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
86206 Dae P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |