Skripsi
Implementasi Pembelajaran Diferensiasi pada Materi PPKn tentang Persatuan dalam Keberagaman di Sekolah kelas II SDN Nunbaun Sabu kota Kupang
XMLJenis penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitin ini melakukan tes terhadap siswa dan wawancara dengan guru wali kelas II SDN Nunbaun Sabu kota kupang. Berdasarkan hasil tes dengan nilai rata–rata 58 sedangkan jumlah persentase ketuntasan diperoleh 57%, siswa belum mencapai KKTP (kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran). Dilihat dari data dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa masih sangat rendah karena hanya 16 siswa yang mencapai KKTP. Dan berdasarkan hasil observasi aktivitas peserta didik dengan jumlah nilai sebanyak 1.979 dengan nilai rata–rata 70 dan mendapat kategori baik (B) maka peneliti menyimpulkan hasil observasi siswa mengalami peningktan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam menanamkan sikap toleransi dalam keberagaman pada siswa, guru berperan sebagai teladan, memberi contoh yang baik bagi siswa. Guru mempraktekkan sikap toleransi melalui sikap dan perilakunya, selalu memberi arahan, dorongan, motivasi terhadap siswa siswi baik di dalam kelas maupun diluar kelas. Adapun kendala yang dialami guru dalam mendorong siswa yaitu kurangnya pemahaman siswa akan pentingnya sikap toleransi dan juga waktu yang terbatas dalam memberikan bimbingan kepada siswa-siswi.
Kata kunci: Impementasi, Pembelajaran Diferensiasi, Persatuan dalam Keberagaman.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Febrianti Arista Wunda - Personal Name
|
Student ID |
1901140079
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Taty R Koroh - 196210041988112001 - Ketua Penguji
Petrus Ly - 195912111986011001 - Penguji 1 MARKUS SAMPE - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Wun I
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |