KONSEP KEDUDUKAN ANAK, POLA ASUH DAN AKSES PENDIDIKAN DALAM KELUARGA EKS TIMOR-TIMUR DI DESA KABUNA KABUPATEN BELU

Detail Cantuman

Skripsi

KONSEP KEDUDUKAN ANAK, POLA ASUH DAN AKSES PENDIDIKAN DALAM KELUARGA EKS TIMOR-TIMUR DI DESA KABUNA KABUPATEN BELU

XML

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mendeskripsikan kedudukan anak dalam pandangan keluarga eks timor-timur di Desa Kabuna Kabupaten Belu. 2) Untuk mendeskripsikan pola asuh Pendidikan karakter dalam keluarga eks timortimur di Desa Kabuna Kabupaten Belu. 3) Untuk mendeskripsikan akses Pendidikan dasar, dan menengah serta Pendidikan tinggi bagi anak-anak dari keluarga eks timor-timur di Desa Kabuna Kabupaten Belu.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data yang dikumpulkan baik melalui data primer maupun sekunder yang telah diperoleh dalam bentuk wawancara dengan kalimat yang jelas dan mudah dipahami. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah Orang tua, anak-anak dari keluarga eks timor-timur, dan juga tokoh masyarakat (Kepala Desa Kabuna).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kedudukan anak dalam keluarga eks timor-timor yang ada pada keluarga eks timor-timur yang ada di Desa Kabuna Kabupaten Belu secara umum sama dengan keluarga-keluarga pada umumnya, dimana hak dan kewajiban anak diberikan dan diterima secara penuh, kemudian status dan posisi anak pun dihadirkan dalam keluarga. 2) Pola asuh Pendidikan karakter dalam keluarga eks timor-timur yang ada di Desa Kabuna Kabupaten Belu cenderung berbeda-beda dengan caranya masing-masing. Oleh karena itu
sesuai dengan hasil penelitian dapat dilihat bahwa pola pengasuhan yang digunakan oleh orang tua eks timor-timur di Desa Kabuna yaitu pola pengasuhan otoriter dan demokratis. 3) Akses Pendidikan dasar dan menengah serta Pendidikan tinggi bagi anak-anak dalam keluarga eks timor-timur yang ada di Desa Kabuna Kabupaten Belu untuk akses Pendidikan yang disediakan sudah terpenuhi secara merata dan sesuai dengan standar Pendidikan yang ada, anakanak mendapatkan hak yang sama dalam hal bersekolah dengan dukungan dan support yang diberikan oleh para orang tua untuk menunjang Pendidikan anakanaknya.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Aprilia Sandy De Araujo - Personal Name
Student ID
2001070002
Dosen Pembimbing
Petrus Ly - 19591211986011002 - Dosen Pembimbing 1
Dorkas Y. A. Kale - 199108282024212001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Fredik Lambertus Kollo - 199202082022031009 - Ketua Penguji
Dr. Petrus Ly, M.Si - 19591211 198601 1 002 - Penguji 1
Dorkas Y.A Kale - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.05 ujo K
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA