CITRA DIRI SISWA SMAN 1 KUPANG (Kajian Fenomenologi Atas Siswa SMAN 1 Kupang pengguna Instagram Sebagai Ajang Eksistensi Diri)

Detail Cantuman

Skripsi

CITRA DIRI SISWA SMAN 1 KUPANG (Kajian Fenomenologi Atas Siswa SMAN 1 Kupang pengguna Instagram Sebagai Ajang Eksistensi Diri)

XML

Media sosial berperan penting bagi sebagian sarana untuk mengekspresikan diri atau mengaktualisasikan diri bagi para penggunanya. Salah satu media sosial yang populer dan banyak digunakan untuk mengekspresikan diri saat ini ialah Instagram. Melalui media sosial instagram, penggunanya dapat mengunggah segala macam kegiatan, baik berupa foto pribadi dan video singkat untuk disampaikan kepada pengguna lain dalam membentuk citra diri mereka. Pengguna instagram ingin pengikutnya melihat sisi terbaiknya. Hal ini menimbulkan tuntutan untuk selalu terlihat ideal dan sempurna di instagram. Teknik pegumpulan data yang dilakukan meliputi studi pustaka dan studi lapangan (observasi, wawancara, dokumentasi). Hasil penelitian ini menemukan bahwa citra diri yang ingin dilihat oleh pengguna instagram lain ialah citra citra diri yang positif, citra diri yang aktif dalam hobby, citra diri yang periang, serta citra diri yang memiliki aura positif dan eksistensi diri yang ingin diakui keberadaannya saat mereka terlihat cantik, berada disuatu tempat yang bagus dan saat menunjukan pencapain mereka. Motif yang menyebabkan mereka menggunakan instagram disbanding dengan media sosial yang lain ialah karena mengikuti teman dan menjadikan instagram sebagai media untuk mendapatkan informasi. Sedangkan motif yang menjadi tujuan mereka menggunakan instagram ialah sebagai media galeri digital yang dimana foto/video yang mereka unggah dapat tersimpan di instagram agar dikemudian hari ketika foto/video terhapus di galeri handphone masih bisa dilihat di instgaram. Selain menjadi geleri digital yang menjadi tujuan mereka menggunakan instagram ialah karena mereka menggunakannya untuk memposting dan mencari teman.

Kata kunci: Citra Diri, Instagram, Eksistensi Diri.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Betris Wehelmina Kaimeni - Personal Name
Student ID
2003050070
Dosen Pembimbing
YERMIA DJEFRI MANAFE - 197003032005011001 - Dosen Pembimbing 1
Fitria Titi Meilawati - 8809023419 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Yermia Djefri Manafe - 197003032005011001 - Ketua Penguji
Fitria Titi Meilawati - 8809023419 - Penguji 1
Aloysius Liliweri - 195706191981031001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
70201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Komunikasi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
702.01 Kai C
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA