Minat Mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan Menjadi Guru Smk Pada Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusa Cendana

Detail Cantuman

Skripsi

Minat Mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan Menjadi Guru Smk Pada Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusa Cendana

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) minat mengajar mahasiswa PTB; 2) kesiapan mahasiswa PTB menjadi guru SMK; 3) pengembangan diri mahasiswa PTB menjadi guru SMK; dan 4) minat mahasiswa PTB menjadi guru SMK. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif studi kasus dengan jumlah subjek penelitian 15 orang mahasiswa yang telah melaksanakan praktik pengalaman lapangan (PPL). Teknik pengumpulan data melalui wawancara, pengamatan mendalam, dan dokumentasi. Data di analisis menggunakan teori Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan: 1) minat mengajar menunjukkan bahwa semua mahasiswa berminat mengajar, hal ini dapat dilihat dari persiapan perangkat pembelajaran K-13 dan kurikulum merdeka seperti RPP, silabus, modul ajar dan ATP. Namun, terdapat beberapa mahasiswa yang tidak menyiapkan perangkat pembelajaran. Mahasiswa mengatakan rata-rata mengalami kesulitan dalam membuat perangkat pembelajaran namun mahasiswa dapat mengatasi kesulitan tersebut. Mahasiswa mampu membuat perangkat pembelajaan sendiri dengan mengambil referensi dari internet dan konsultasi dengan dosen pembimbing maupun guru pamong. 2) rata-rata mahasiswa memiliki persiapan fisik yang baik, mahasiswa mengajar dalam keadaan sehat dan berpenampilan rapi seperti seorang guru, persiapan mental mahasiswa masih kurang siap disebabkan kurang percaya diri dan gugup, mahasiswa mempersiapkan alat dan media pembelajaran sebelum praktik mengajar. 3) pengembangan diri mahasiswa menunjukkan masih kurang, rata-rata hanya mengikuti praktik pengalaman lapangan. 4) minat menjadi guru SMK menunjukkan bahwa 9 mahasiswa berminat atau sebesar 60%. Hal ini dapat dilihat dari hasil persiapan perangkat pembelajaran, kesiapan fisik, mental, alat dan media pembelajaran serta pengembangan diri mahasiswa menjadi guru SMK.

kata kunci :Minat Mengajar, Kesiapan Mahasiswa, Pengembangan Diri Mahasiswa, Minat Menjadi Guru SMK.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
YUSINTA DETHAN - Personal Name
Student ID
1901110034
Dosen Pembimbing
TETTY SETIAWATY - 196205231988032003 - Dosen Pembimbing 1
Roly Edyan - 198806222020121002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Asrial - 196111051990031001 - Ketua Penguji
Tetty Setiawaty - 196205231988032003 - Penguji 1
Roly Edyan - 19611105 199003 1 001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
83205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Teknik Bangunan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
832.05 DET M
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA