Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Berbasis Laboratorium Maya untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Hukum Archimedes

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Berbasis Laboratorium Maya untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Hukum Archimedes

XML

Rendahnya keterampilan berpikir kritis siswa disebabkan karena pembelajaran masih berpusat pada pendidik. Oleh karena itu, diperlukan sebuah model pembelajaran inquiry terbimbing dan media laboratorium maya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh model pembelajaran inquiry terbimbing berbasis laboratorium maya (2) perbedaan selisih peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa.
Penelitian quasi eksperiment dengan menggunakan design Pretest and Posttest With Non Equivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah essay test dan wawancara. Dengan menggunakan teknik Random Sampling diperoleh sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI C (kelas eksperimen) yang diajar menggunakan model pembelajaran inquiry terbimbing berbasis laboratorium maya dan siswa kelas XI D (kelas control) yang diajar menggunakan model pembelajaran inquiry terbimbing berbasis laboratorium real. Materi yang digunakan adalah Fluida Statis pada sub materi hukum archimedes.
Berdasarkan hasil analisis statistik, yakni dengan menggunakan Uji One Sample T-Test diketahui bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inquiry terbimbing berbasis laboratorium maya dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi hukum Archimedes. Dikatakan terdapat pengaruh jika thitung > ttabel. Hal ini dibuktikan dengan uji hipotesis yang menunjukkan thitung = 27,58 > ttabel = 2,06.
Selain itu hasil Uji Paired Sample T-Test diperoleh bahwa terdapat perbedaan selisih peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji yang menunjukkan bahwa thitung = 10,916 > ttabel= 2,008. Adapun indikator berpikir kritis dalam penelitian ini Menurut Norris dan Ennis (1989) antara lain: (1) Elementary Clarification (2) Basic Support (3) Inference (4) Advanced Clarification (5) Strategies and Tactics.

Kata Kunci: Keterampilan Berpikir Kritis, Inquiry Terbimbing, Lab Maya


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Desri Hani Ratna Ledoh - Personal Name
Student ID
2001050009
Dosen Pembimbing
Drs.FAKHRUDDIN, M.Si - 196812261994031002 - Dosen Pembimbing 1
Welhelmina Kameo- 199304182024212054 - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Marsi Devid Setyawan Bani - 198203142008121001 - Ketua Penguji
Fakhruddin - 196812261994031002 - Penguji 1
Welhelmina Kameo 199304182024212054 - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84203
Edisi
Published
Departement
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.03 LED P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA