Penerapan Metode Location Quotient (LQ) - Fuzzy Analytical Hierarchy Process (FAHP) pada Penentuan Komoditas Unggulan Subsektor Tanaman Pangan (Studi Kasus: Kabupaten Malaka)

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Metode Location Quotient (LQ) - Fuzzy Analytical Hierarchy Process (FAHP) pada Penentuan Komoditas Unggulan Subsektor Tanaman Pangan (Studi Kasus: Kabupaten Malaka)

XML

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan komoditas unggulan subsektor tanaman pangan di Kabupaten Malaka menggunakan metode Location Quotient (LQ) dan Fuzzy Analytical Hierarchy Process (FAHP). Metode LQ digunakan untuk mengidentifikasi komoditas yang memiliki keunggulan komparatif di wilayah ini. Hasil perhitungan LQ dari data hasil produksi tanaman pangan di Kabupaten Malaka tahun 2023 menunjukan bahwa padi dan jagung yang merupakan komoditas basis, sedangkan empat tanaman lainnya tergolong dalam subsektor non basis. Sementara FAHP diterapkan untuk mengintegrasikan berbagai kriteria penilaian dalam menentukan prioritas komoditas unggulan. Hasil analisis FAHP menunjukan prioritas kriteria tertinggi adalah kriteria ketersediaan sarana dan prasarana sebagai prioritas utama dengan nilai bobot sebesar 0,327. Kemudian, alternatif dalam penelitian ini yang menjadi prioritas utama dalam penentuan komoditas unggulan subsektor tanaman pangan di Kabupaten Malaka adalah komoditas padi dengan nilai bobot sebesar 0,246, diikuti komoditas jagung sebagai prioritas kedua dengan bobot sebesar 0,198. Oleh karena itu, komoditas padi menjadi prioritas utama yang bisa diusahakan oleh petani sebagai upaya dalam pengembangan pertanian di Kabupaten Malaka.

Kata Kunci : Komoditas Unggulan, Tanaman Pangan, Location Quotient, Fuzzy Analytical Hierarchy Process (FAHP).


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
2006040029
Dosen Pembimbing
Rapmaida Megawaty Pangaribuan, S.Si, M.Sc - 197202242006042001 - Dosen Pembimbing 1
Robertus Dole Guntur, S.Si., M.Math.Sc., GC-RESIM., Ph.D - 197804142001121001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Keristina Br Ginting, S.Si, M.Si - 197012232000122005 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
44201
Edisi
Published
Departement
Matematika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
442.01 RES P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA