Pengaruh Model Pembelajaran Explicit Instruction Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Cahaya Dan Sifatnya Di Kelas V SD Inpres Tuadale Kupang Barat

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Model Pembelajaran Explicit Instruction Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Cahaya Dan Sifatnya Di Kelas V SD Inpres Tuadale Kupang Barat

XML

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Explicit Instruction terhadap hasil belajar siswa materi cahaya dan sifatnya di kelas V SD Inpres Tuadale Kupang Barat. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian Pre-eksperimental design dengan bentuk One Group Pretest-Posttest design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Inpres Tuadale. Teknik analisis data ini adalah teknik analisis data kuantitatif dengan menggunakan SPSS versi 23 for windows. Metode analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Selanjutnya hasil penelitian menunjukan bahwa nilai signifikan dari uji normalitas sebesar 0,200 > 0,05 sehingga data berdistribusi normal, hasil uji homogenitas menunjukan (sig) Levene’s sebesar 0,578 > 0,05 sehingga data yang diperoleh bersifat homogen. Hasil pengujian hipotesis, menggunakan paired sample T-test menunjukan bahwa nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Explicit Instruction terhadap hasil belajar siswa materi cahaya dan sifatnya di kelas V SD Inpres Tuadale Kupang Barat.

Kata kunci: Explicit Instruction, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
WILHELMINA NAHAK - Personal Name
Student ID
2001140115
Dosen Pembimbing
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Dosen Pembimbing 1
Sofia G. Un Lala 19920430 202012 2 016 - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Antonius Suban Hali - 197809172009121004 - Ketua Penguji
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Penguji 1
Sofia G. Un Lala 19920430 202012 2 016 - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 NAH P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA