PENINGKATAN HASIL BELAJAR SEJARAH MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LOTTERY CARD PADA PESERTA DIDIK KELAS XI IPS II DI SMA NEGERI OINLASI

Detail Cantuman

Skripsi

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SEJARAH MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LOTTERY CARD PADA PESERTA DIDIK KELAS XI IPS II DI SMA NEGERI OINLASI

XML

Skripsi tentang peningkatan hasil belajar sejarah melalui penerapan model pembelajaraan kooperatif tipe lottery card pada peserta didik kelas XI IPS 2 ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dan hasil belajar peserta didik dalam dalam matapelajaran sejarah khususnya materi tentang Kedatangan Jepang Ke Indonesia dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe lottery card. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas(PTK) Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa masalah yaitu kurangnya penerapan metode pembelajaran yang bervariasi oleh pendidik atau guru sehingga peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran dan hasil belajar yang diperoleh pun kurang memuaskan dalam matapelajaran sejarah. Dengan adanya penggunaan model pembelajaran lottery card dalam pembelajaran ini dapat diketahui bahwa penelitian tindakan kelas ( PTK) yang dilakukan presentase nilai setiap siklus yang dipeoleh. Peningkatan hasil belajar 28 peserta didik dapat di lihat sebagai berikut, pada pra siklus yang mencapai nilai KKM terdapat 7 peserta didik dengan presentase (25 %), sedangkan peserta didik yang nilainya di bawah KKM berjumlah 21 orang dengan presentase (75 %), kemudian terjadi peningkatan pada siklus I peserta didik yang mencapai nilai KKM terdapat 13 peserta didik dengan presentase (46,42 %), sedangkan peserta didik yang nilainya di bawah KKM berjumlah 15 orang dengan presentase (53,57 %) dan kemudian pada siklus II mengalami peningkatan 28 peserta didik yang mencapai nilai KKM dengan presentase (100%). Kemudian observasi aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan. Pada siklus I meningkat dengan angka 67,85 % , pada siklus 2 mengalami peningkatan 99,98 % . Pengamatan pada kinerja guru juga mengalami peningkatan dari siklus I 67,85 % menjadi 96, 42 % pada siklus II. Dengan mengalami peningkatan dari nilai hasil belajar siswa siklus I 68,6% menjadi 83,57 % pada siklus II. Dengan demikian kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe lottery card dapat meningkatkan hasil belajar sejarah siswa kelas XI Ips 2 di SMA Negeri Oinlasi.

Kata Kunci: Belajar, Hasil Belajar, Model Lottery Card, Pembelajaran Sejarah


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
TIRSA MARTEDA MISSA - Personal Name
Student ID
1901090034
Dosen Pembimbing
Dr. Djakariah, M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
DELSY ASRIYANI DETHAN - 198212192014042001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Susilo Setyo Utomo, S. Pd, M. Pd - - Ketua Penguji
Dr. Djakariah, M.Pd - - Penguji 1
Delsy A.Dethan, S.Pd,M.Pd - 198212192014042001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87201
Edisi
Published
Departement
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.01 Mis.P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA