Skripsi
IMPLEMENTASI MODEL DISCOVERY LEARNING TERINTEGRASI METODE BERNYANYI DALAM UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BIOLOGI PESERTA DIDIK DI SMA SWASTA KATOLIK SINT CAROLUS KUPANG
XMLPenelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari satu pertemuan. setiap siklus dilaksanakan dalam beberapa tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI IPA sebanyak 26 orang yang terdiri dari 8 peserta didik laki-laki dan 18 peserta didik perempuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes, lembar observasi, dan dokumentasi. Data penelitian yang diperoleh berupa aktivitas yang dilakukan oleh guru dan peserta didik selama pembelajaran menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning yang diintegrasi dengan
Metode Bernyanyi, serta hasil belajar peserta didik yang diperoleh dari pretest dan posttest siklus I dan siklus II. Kemudian dilakukan analisis data menggunakan teknik deskripsi kuantitatif untuk menganalisis aktivitas peserta didik , guru, dan hasil belajar peserta didik yang kemudian dianalisis lagi secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan hasil observasi aktivitas guru pada siklus I diperoleh jumlah total 72, rata-rata skor 36 dengan persentase 69%, kualifikasi tidak berhasil, meningkat pada siklus II diperoleh jumlah total 94, rata-rata 47 dengan persentase 90%, kualifikasi berhasil. Hasil observasi peserta didik pada siklus I diperoleh jumlah 54, rata-rata skor 27 dengan persentase 75%, kualifikasi berhasil mengalami peningkatan pada siklus II dengan jumlah total skor 64, rata-rata skor 32 dengan persentase 89%, kualifikasi berhasil. Serta hasil belajar peserta didik pada siklus I dengan rata-rata nilai individu 65.4, ketuntasan klasikal 23% dengan kualifikasi tidak tuntas mengalami peningkatan pada siklus II dengan nilai rata-rata individu 87.7, ketuntasan klasikal 96% dengan kualifikasi tuntas. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning terintegrasi Metode Bernyanyi efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep biologi bagi peserta didik kelas XI IPA di SMA Swasta Katolik Sint Carolus Kupang.
Detail Information
Item Type |
SKRIPSI
|
---|---|
Penulis |
Imanuel Yoel Sulumasi - Personal Name
|
Student ID |
1901040062
|
Dosen Pembimbing |
YUSNAENI - 197502032000122001 - Dosen Pembimbing 1
MBING MaRIA IMAKULATA - 196507251993032001 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Angela Gabriela Lika - 196402281989032002 - Ketua Penguji
Yusnaeni - 197502032000122001 - Penguji 1 Mbing Maria Imakulata - 196507251993032001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84205
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Biologi
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.05 Sul I
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |