Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Pembelajaran Tentang Kekayaan Budaya Indonesia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Di Kelas IV SD Negeri Bertingkat Naikoten Kota Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Pembelajaran Tentang Kekayaan Budaya Indonesia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Di Kelas IV SD Negeri Bertingkat Naikoten Kota Kupang

XML

Dengan rumusan masalah adalah: Bagaimana penggunaan model Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran tentang kekayaan budaya Indonesia untuk meningkatkan hasil belajar di kelas IV SD Negeri Bertingkat Naikoten?. Dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tentang kekayaan budaya Indonesia menggunakan model Problem Based Learning (PBL) di Kelas IV SD Negeri Bertingkat Naikoten. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes. Teknik analisis data yakni deskriptif kuantitatif dan kualittatif dengan subjek penelitian berjumlah 28 orang terdiri atas laki-laki 16 orang dan perempuan 12 orang. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Bertingkat Naikoten Kota Kupang, dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I dari 28 peserta didik yang tuntas 13 orang (46,42%) karena peserta didik selalu aktif selama kegiatan pembelajaran berlangsung, peserta didik memahami materi yang disampaikan oleh guru, peserta didik bekerja sama dalam kelompok saat menyelesaikan LKPD yang diberikan oleh guru dan mampu menyelesaikan soal tes dengan benar. Sedangkan yang tidak tuntas 15 orang (53,57%) karena peserta didik kurang konsentrasi dalam kegiatan pembelajaran berlangsung, kurang bekerja sama dengan teman kelompok saat menyelesaikan LKPD, suka bercerita dan bermain saat pembelajaran berlangsung dan belum mampu menyesaikan soal tes dengan benar. Selanjutnya pada siklus II hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan yaitu dari 28 peserta didik yang tuntas 26 orang (92,85%) karena peserta didik lebih aktif, konsentrasi dan terlibat langsung dalam kegiatan pembelajaran berlangsung, bekerja sama dalam kelompok saat menyelesaikan LKPD yang diberikan oleh guru dan mampu menyelesaikan soal tes dengan benar. Sedangkan 2 orang peserta didik yang tidak tuntas (7,14%) akan diberikan pengaayaan oleh guru wali kelas.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diatas jadi dapat disimpulkan bahwa berdasarkan peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II sudah baik. Oleh karena itu penggunaan model problem based learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi tentang kekayaan budaya Indonesia di kelas IV SD Negeri Bertingkat Naikoten Kota Kupang.
Kata Kunci: Problem Based Learning, Kekaayan Budaya Indonesia, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Maria Theresa Vea - Personal Name
Student ID
2001140155
Dosen Pembimbing
Margaret Pula Elisabeth Djokaho, S.Sn.,M.Pd - NIP: 19810301 200812 2 001 - Dosen Pembimbing 1
Netty Elisabeth Antonetha Nawa, S.Pd.,M.Pd - NIP: 19780929 202421 2 001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Margaret Pula Elisabeth Djokaho - 198103012008122002 - Ketua Penguji
Netty Elisabeth Antonetha Nawa - - Penguji 1
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
86206 Vea P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA