Optimalisasi Pengunaan Facebook Sebagai Media Informasi (Studi Kasus Pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Manggarai Timur)

Detail Cantuman

Skripsi

Optimalisasi Pengunaan Facebook Sebagai Media Informasi (Studi Kasus Pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Manggarai Timur)

XML

Masyarakat berhak untuk mendapatkan informasi publik. Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Manggarai Timur sebagai Badan Publik Daerah harus mampu memenuhi informasi yang dibutuhkan masyarakat. Melalui media sosial jenis facebook, Dinas Kominfo Manggarai Timur menyalurkan berbagai informasi kepada masyarakat. Media sosial facebook yang menjadi satu-satunya platform utama untuk menyalurkan informasi kepada masyarakat harus mampu mengoptimalkan pengunaan facebook yang digunakan sebagai media informasi.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi yang digunakan oleh Dinas Kominfo Manggarai Timur dalam mengoptimalkan layanan informasi mengunakan facebook dan juga untuk mengetahui bentuk informasi yang dibagikan oleh Dinas Kominfo Manggarai Timur melalui facebook. Penelitian ini mengunakan Teori Richness Theory dari Daft dan Lengel. Penelitian ini mengunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data di lakukan dengan wawancara,observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan strategi Komunikasi yang digunakan oleh Dinas Kominfo Kabupaten Manggarai Timur sesuai dengan elemen strategi komunikasi dari Lasswel yaitu Pesan yang disampaikan, media yang digunakan, penerima pesan, dan juga dampak dari informasi tersebut dan strategi tersebut dikatikan dengan teori Richness dari Daft dan Lengel ada beberapa poin yaitu, kesegaran yaitu Dinas Kominfo belum optimal dalam menerapkan strategi Komunikasi dalam pengunaan facebook sebagai media informasi karena belum memiliki jadwal informasi yang berkala, keragaman isyarat berkaitan dengan pengunaan informasi bentuk verbal dan non verbal, Dinas Kominfo menampilkan teks dalam video yang di sajikan difacebook dan variasi bahasa, pengunaan bahasa daerah atau bahasa asing yang muncul dalam informasi yang disajikan di facebook di sertakan dengan terjemahan, sumber personal, disajikan juga pendapat dari narasumber utama dalam informasi yang dibagikan agar informasi yang dibagikan lebih akurat.

Kata Kunci : Optimalisasi, Pengunaan facebook, Media Informasi


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
MARSELINA NDAHUL - Personal Name
Student ID
2003050120
Dosen Pembimbing
MONIKA WUTUN - 198301112014042001 - Dosen Pembimbing 1
Henny L.L. Lada - NUPN 9900007799 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Monika Wutun - 198301112014042001 - Ketua Penguji
Henny L.L. Lada - NUPN 9900007799 - Penguji 1
Mas Amah - 197906172008012020 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
70201
Edisi
Published
Departement
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
702.01 NDA O
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA