Analisis Pratik Kawin Tangkap Dalam Perspektif Feminsimes Eksistensialis (Studi Kasus Desa Waimangura Kecamatan Wewewa Barat Kabupaten Sumba Barat Daya )

Detail Cantuman

Skripsi

Analisis Pratik Kawin Tangkap Dalam Perspektif Feminsimes Eksistensialis (Studi Kasus Desa Waimangura Kecamatan Wewewa Barat Kabupaten Sumba Barat Daya )

XML

Skripsi ini berjudul “Analisis Praktik Kawin Tangkap Dalam Perspektif Feminisme (Studi Di Desa Waimangura Kecamatan Wewewa Barat Kabupaten Sumba Barat Daya)”. Studi ini ingin menjelaskan ketidakadilan hak perempuan dalam kebiasaan/praktik kawin tangkap di Desa Waimangura Kecamatan Wewewa Barat Kabupaten Sumba Barat Daya. Studi ini sekaligus ingin mengidentifikasi apakah ketidakberdayaan perempuan dalam praktik kawin tangkap tersebut merupakan pilihan mereka atau karena tekanan kekuasaan Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana keberadaan perempuan dalam praktik kawin tangkap. Penelitian ini menggunakan teori feminsime eksistensialis Simonne De Beauvior Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, subjek dalam penelitian ini terdiri dari perempuan Desa Waiamngura, Pemerintah Desa Waimangura, komunitas PERUATI dan tokoh adat. Metode yang digunakan yaitu metode wawancara, dan metode dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat dilihat bahwa Feminisme eksistensialis, yang dipengaruhi oleh pemikiran Simone de Beauvoir, memiliki pandangan yang tajam terhadap praktik kawin tangkap “Wenda Mawine”. Pandangan ini didasarkan pada gagasan-gagasan tentang kebebasan, otonomi, dan martabat individu, terutama perempuan. Keterbelakangan Perempuan Feminisme eksistensialis melihat praktik kawin tangkap sebagai salah satu bentuk penindasan terhadap perempuan yang menghambat kemampuan mereka untuk mencapai potensi penuh mereka. Hal ini dapat mengakibatkan keterbelakangan dalam kehidupan perempuan, baik secara pribadi maupun profesional.

Kata Kunci: Kawin Tangkap, Perspektif, Feminisme Eksistensialis


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
OFWA WATI SARAGIH - Personal Name
Student ID
2003040051
Dosen Pembimbing
Ananias R.P. Jacob - 199208142019011001 - Dosen Pembimbing 1
Frans W. Muskanan - 8886423419 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Ananias Rion Jacob - 199208142018031001 - Ketua Penguji
Frans W. Muskanan - 8886423149 - Penguji 1
Alfridus S. D. Dari - 198403112014041001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
67201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Politik
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
672.01 SAR A
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA