Pengaruh Relationship Marketing Dan Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Kristal Hotel Kupang)

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Relationship Marketing Dan Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Kristal Hotel Kupang)

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis: 1) untuk mengetahui presepsi pelanggan tentang relationship marketing, citra Perusahaan, dan loyalitas pelanggan Pada Kristal Hotel Kupang, 2) pengaruh relationship marketing terhadap loyalitas pelanggan pada Kristal Hotel Kupang, 3) pengaruh citra perusahaan terhadap loyalitas pelanggan pada Kristal Hotel Kupang, 4) pengaruh relationship marketing dan citra perusahaan secara simultan terhadap loyalitas pelanggan pada Kristal Hotel Kupang. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah relationship marketing dan citra perusahaan, sedangkan variabel terikatnya adalah loyalitas pelanggan.
Untuk mencapai tujuan tersebut dipilih degan jumlah sampel sebanyak 100 responden dari populasi tahun terakhir 2023 sebanyak 34.298 pelanggan di Kristal Hotel Kupang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunkan observasi, kuesioner, wawancara, dan studi kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif, analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis dengan menggunakan aplikasi SPSS 22.
Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa relationship marketing berada pada kategori sangat tinggi (4,29), citra perusahaan berada pada kategori sangat tinggi (4,25), dan loyalitas pelanggan berada pada kategori tinggi (4,13). Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa hasil dari uji t variabel relationship marketing (X1) thitung sebesar 3,941, sedangkan ttabel sebesar 1,660, maka hasilnya thitung (3,941) > ttabel (1,660). Berdasarkan hasil uji t, maka hipotesis pertama relationship marketing berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Hasil dari uji t variabel citra perusahaan (X2) thitung sebesar 4,528, sedangkan ttabel diketahui sebesar 1,660, maka hasilnya thitung (4,528) > ttabel (1,660). Berdasarkan hasil uji t, maka hipotesis kedua citra perusahaan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Hasil dari uji F yang menunjukkan nilai Fhitung (48,143) > Ftabel sebesar (3,09). Dengan demikian hipotesis ketiga pada penelitian ini berbunyi variabel relationship marketing dan citra perusahaan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Berdasarkan Adjust R square menunjukkan kontribusi variabel relationship marketing dan citra perusahaan terhadap loyalitas pelanggan sebesar 48,8%. Sedangkan 51,2% dipengaruhi oleh variabel lain diluar fokus penelitian ini. Dari hasil analisis tersebut, pihak Kristal Hotel Kupang diharapkan untuk selalu tetap mempertahankan dan meningkatkan relationship marketing dan citra perusahaan sehingga loyalitas pelanggan dapat terlaksana secara efisien dan efektif.
Kata Kunci : Relationship Marekting, Citra Perusahaan, Loyalitas Pelanggan.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
1703020197
Dosen Pembimbing
KHALID KASIM MOENARDY - 196208171988031002 - Dosen Pembimbing 1
Anthonius B. Mesakh - 19620806 198803 1 002 - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Khalid Kasim Moenardy - 196208171988031002 - Ketua Penguji
Anthonius B Mesakh - 196208061988031002 - Penguji 1
Abas Kasim - 196004141988031008 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
63211
Edisi
Published
Departement
Administrasi Bisnis
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
632.11 ROM P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA