STRATEGI GURU PPKN DALAM PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DIMENSI BERKEBINEKAAN GLOBAL MELALUI MEDIA POSTER DIGITAL PADA SISWA SMA NEGERI 10 KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

STRATEGI GURU PPKN DALAM PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DIMENSI BERKEBINEKAAN GLOBAL MELALUI MEDIA POSTER DIGITAL PADA SISWA SMA NEGERI 10 KUPANG

XML

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetauhi strategi guru PPKn dalam penguatan profil pelajar Pancasila dimensi kebinekaan global melalui media poster digital pada siswa SMA Negeri 10 Kupang.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif yaitu memperoleh data-data secara tertulis atau lisan dari orang-orang atau pelaku utama yang diamati. Data yang dikumpulkan baik data primer maupun sekunder yang telah diperoleh dari lapangan dalam bentuk kalimat yang jelas sehingga mudah dipahami.
Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru PPKn dan siswa kelas XC SMA Negeri 10 Kupang.
Hasil penelitian menunjukan penguatan profil pelajar Pancasila dimensi kebinekaan global dalam pembelajaran di kelas memberikan kontribusi positif dalam memperkuat profil pelajar Pancasila di tingkat sekolah menengah atas. Ini menunjukkan potensi penggunaan teknologi dalam meningkatkan efektivitas pendidikan nilai-nilai kebangsaan dibuktikan dengan antusiasisme siswa lebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran semua mau terlibat dalam pembelajaran. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa strategi guru PPKn dalam penguatan
profil pelajar Pancasila melalui media poster digital memiliki dampak yang signifikan dalam membentuk pemahaman dan kesadaran siswa tentang nilai-nilai Pancasila dalam konteks kebinekaan global. Tapi dengan catatan, poster digital tidak cukup sebagai satu-satunya strategi dalam membentuk karakter kebinekaan global peserta didik, diperlukan media pembelajaran lain. Karena dalam prosesnya, tidak akan
cukup jika hanya menggunakan poster digital dalam membentuk karakter kebinekaan global peserta didik.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Eirene Talyeta Djakadana - Personal Name
Student ID
2001070045
Dosen Pembimbing
Fredik Lambertus Kollo - 199202082022031009 - Dosen Pembimbing 1
Dorkas Y. A. Kale - 199108282024212001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Thomas Kemil Masi - 199205302022031009 - Ketua Penguji
Fredik Lambertus Kollo - 199202082022031009 - Penguji 1
Dorkas Y. A kale - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.05 ana S
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA