Tesis
PELAKSANAAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMAN 6 KUPANG
XMLTujuan penelitian adalah untuk mengetahui pelaksanaan P5 pada tiap-tiap jenis karakter dalam tatanan penyusunan modul ajar P5 di SMAN 6 Kupang, dan untuk mengetahui implementasi jenis-jenis karakter dalam pelaksanaan P5 di SMAN 6 Kupang.
Penelitian tesis ini menggunakan metode paradigma kualitatif dengan jenis penelitiannya evaluasi . Proses pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan dengan model Marshall dan Rossman, yang meliputi Mengorganisasi data, Menganalisis Data, dan Menulis laporan Hasil Penelitian,
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) tahapan pelaksanaan penyusunan modul projek sudah mengikuti prosedur yang sudah tersedia; (2) analisis implementasi jenis karakter yang berlangsung selama kegiatan Projek, pada tema Kearifan Lokal berdasarkan perspektif Bandura dengan menggunakan 4 tahapan proses belajar.
Simpulan yang diperoleh bahwa a. dalam penyusunan modul P5 perlu memperhatikan 5 tahapan yang ada, yaitu pemilihan tema, penyusunan alokasi waktu projek, menetukan tujuan, pembuatan modul ajar, dan asesmen; b.Implementasi jenis-jenis karakter dalam pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMAN 6 Kupang, dapat diwujudkan jika seluruh peserta didik mampu mengejawantakan ke 6 dimensi tersebut dalam kesehariannya. Dengan menggunakan 4 tahapan teori belajar Albert Bandura dapat membantu pembentukan karakter peserta didik sehingga dapat terwujudnya Profil pelajar Pancasila dalam diri peserta didik.
Detail Information
Item Type |
Tesis
|
---|---|
Penulis |
Yoti S.F Faot - Personal Name
|
Student ID |
2211060004
|
Dosen Pembimbing |
Simon Sabon Ola - 196503221992031001 - Dosen Pembimbing 1
Ari Data - 197209022003121003 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Simon Sabon Ola - 196503221992031001 - Ketua Penguji
Petrus Ly - 195912111986011001 - Penguji 1 Andreas Ande - 196210101989031004 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
87120
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan IPS
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
871.20 Aot P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |