Partisipasi Masyarakat dalam Pengembangan Objek Wisata Alam Gunung Fatule’u di Desa Nunsaen Kecamatan Fatule’u Tengah Kabupaten Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Partisipasi Masyarakat dalam Pengembangan Objek Wisata Alam Gunung Fatule’u di Desa Nunsaen Kecamatan Fatule’u Tengah Kabupaten Kupang

XML

Gunung Fatule’u adalah salah satu destinasi wisata di Kabupaten Kupang Desa Nunsaen. Pendakian menuju puncak Gunung Fatule’u memakan waktu kurang lebih 1.5 – 2 jam, tergantung dari fisik tiap pengunjung. Jalur pendakian menuju puncak Gunung Fateleu hampir seluruhnya bertipikal bebatuan cadas dengan kemiringan sekitar 60 - 90 derajat. Partisipasi masyarakat dalam pengembangan pariwisata dapat meningkatkan rasa memiliki masyarakat terhadap setiap program pengembangan yang dirancang serta mampu mengendalikan arah kebijakan pengembangan. Damanik (2009) berpendapat bahwa pengembangan pariwisata di Indonesia banyak difasilitasi oleh negara, sedangkan masyarakat cenderung pasif akibatnya inovasi yang disponsori oleh negara menghadapi sejumlah persoalan krusial.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah survey. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode angket, dan metode dokumentasi. Data dalam penelitian ini akan diolah dan ditabulasi melalui tabel grafik.
Hasil yang didapat dalam penelitian ini adalah 1) Masyarakat Desa Nunsaen sering bahkan selalu memiliki kemauan , kesempatan serta kemampuan untuk berpartisipasi dalam pengembangan objek wisata. 2) Masyarakat desa Nunsaen Sering bahkan selalu berpartisipasi dalam Pengambilan Keputusan, berpartisipasi dalam Pelaksanaan Program pengembangan objek wisata, serta berpartisipasi dalam Pemafaatan hasil pengembangan dan terlibat dalam Tahap Evaluasi dalam pengembangan di kawasan Objek wisata.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah Partisipasi masyarakat di kawasan objek wisata alam Gunung Fatule’u sudah dilаksаnаkаn dengаn bаik nаmun mаsih belum optimаl terutаmа pаdа kemampuan masyarakat . Bentuk partisipasi masyarakat belum optimal karena partisipasi masyarakat menjaga objek wisata dan Daya Tarik Wisata dalam Tatanan yang Estetik, Alami dan Harmoni masih belum optimal karna beberapa infrastruktur seperti rumah adat yang ada disekitar lokasi wisata yang telah rusak. Saran Kepada masyarakat diharapkan agar tetap berpartisipasi aktif dalam menjaga dan meningkatkan pengembangan yang ada.


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
1601100159
Dosen Pembimbing
Muhammad Husain Hasan, S.Pd, M.Pd. - 19880602 2019031012 - Dosen Pembimbing 2
Sunimbar, S.Pd., M.Pd. - 19890101 2019032025 - Dosen Pembimbing 3
Penguji
Drs. Mikael Samin, M.Si. - 196209181990031003 - Ketua Penguji
Sunimbar, S.Pd., M.Pd. - 198901012019032025 - Penguji 1
Muhammad Husain Hasan, S.Pd, M.Pd. - 198806022019031012 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87202
Edisi
Departement
Pendidikan Geografi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Subyek
No Panggil
872.02 ani P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA