ANALISIS DAMPAK COLLABORATIVE GOVERNANCE DALAM PEMBANGUNAN DESA BERBASIS PARTISIPASI KELOMPOK DIFABEL (STUDI KASUS KERJA SAMA PEMERINTAH DESA DENGAN LSM GARAMIN NTT DI DESA OELOMIN, KABUPATEN KUPANG)

Detail Cantuman

Skripsi

ANALISIS DAMPAK COLLABORATIVE GOVERNANCE DALAM PEMBANGUNAN DESA BERBASIS PARTISIPASI KELOMPOK DIFABEL (STUDI KASUS KERJA SAMA PEMERINTAH DESA DENGAN LSM GARAMIN NTT DI DESA OELOMIN, KABUPATEN KUPANG)

XML

Pemerintah Desa Oelomin telah melakukan musyawarah khusus bersama kelompok difabel, namun masih banyak kelompok difabel yang belum bisa menyampaikan pendapat untuk menyuarakan kebutuhan mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk Mengetahui dan menganalisis proses Collaborative Governance antara Pemerintah Desa Oelomin dengan LSM GARAMIN NTT. 2)Untuk mengetahui dan menganalisis dampak pembangunan desa berbasis partisipasi difabel pada Desa Oelomin dari Collaborative Governance antara pemerintah desa dengan LSM GARAMIN NTT. Pendekatan dalam Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori collaborative governance yang dikemukakan oleh Ansell and Gash. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1)Proses kolaborasi antara Pemerintah Desa Oelomin dan LSM GARAMIN NTT memiliki gagasan awal yang sama yakni untuk Desa Inklusi. Dengan membangun rasa saling percaya antara kedua pihak sehingga dapat berbagi informasi dan bekerja sama untuk memastikan kolaborasi berjalan tepat waktu, sasaran, anggaran, dan tanggung jawab masing-masing, dengan kepala desa sebagai aktor utama dalam proses tersebut, didukung oleh LSM GARAMIN NTT. Dalam kolaborasi ini tidak ada pihak yang dirugikan, dengan komitmen terbukti melalui program bersama yang menghapuskan perbedaan antara masyarakat dan difabel. Untuk melihat hasil sementara dari proses kolaborasi, evaluasi berkala dilakukan untuk mengukur keberhasilan kolaborasi dalam mencapai tujuan awal, dan kepuasan masyarakat menjadi bukti konkret atas dampak positif dari kolaborasi ini dalam membangun desa yang inklusif bagi semua warganya, tanpa diskriminasi. 2) Dampak positif dari kerja sama ini seperti meningkatnya kesadaran dan kepekaan pemerintah desa terhadap kebutuhan dan hak-hak masyarakat difabel, partisipasi aktif masyarakat difabel dalam pengambilan keputusan, penyediaan fasilitas dan aksesibilitas yang memadai, mengubah sudut pandang banyak masyarakat mengenai kesetaraan, serta perluasan jangkauan dampak ke desa desa lain. Namun, terdapat tantangan seperti kurangnya kesadaran dan kerjasama dari masyarakat difabel, serta masih adanya stigma dan kekurangan infrastruktur serta kebijakan yang mendukung.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
CHRISTIAN TRI BINTANG - Personal Name
Student ID
2003040017
Dosen Pembimbing
SYAHRIN B. KAMAHI - 19890420 201903 1 019 - Dosen Pembimbing 1
Yohanes Jimmy Nami - 8888999920 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Syahrin B. Kamahi - 198904202019031019 - Ketua Penguji
Yohanes Jimmy Nami - 8888999920 - Penguji 1
YEFTA SABAAT - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
67201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Politik
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
672.01 Bin C
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA