Skripsi
Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media PowerPoint Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Relasi dan Fungsi di Kelas VIII SMP Negeri 16 Kupang
XMLKeberhasilan pembelajaran matematika dapat diwujudkan melalui strategi pembelajaran yang tepat oleh guru. Proses pembelajaran yang berkualitas dapat memberikan hasil belajar yang baik bagi peserta didik. Rendahnya hasil belajar matematika peserta didik SMP Negeri 16 Kupang dikarnakan strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru belum tepat, sebab masih bersifat konvensional tanpa adanya penggunaan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media PowerPoint interaktif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi relasi dan fungsi di kelas VIII SMP Negeri 16 Kupang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang mengacu pada model Kemmis & Mc Taggart, dengan tahapan Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan Refleksi. Penelitian ini dimulai tanggal 21 November 2023 – 24 November 2023 dengan subjek penelitiannya adalah peserta didik kelas VIII D SMP Negeri 16 Kupang dan guru peneliti. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi dengan instrument penelitian adalah soal tes dan lembar observasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan hasil belajar peserta didik secara klasikal mengalami peningkatan sebesar 18,52%. Dimana pada siklus I, jumlah peserta didik yang tuntas mencapai 62,96% sedangkan pada siklus II mencapai 81,48%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media PowerPoint interaktif dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi relasi dan fungsi di kelas VIII SMP Negeri 16 Kupang.
Kata Kunci : Discovery Learning, Hasil Belajar, PowerPoint Interaktif.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Mawel Trifosa Laure - Personal Name
|
Student ID |
1901030045
|
Dosen Pembimbing |
JULIANA M H NENOHAI - 196407021993032005 - Dosen Pembimbing 1
Aleksius Madu - 19781215 202321 1 005 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Juliana M H Nenohai - 196407021993032005 - Ketua Penguji
Aleksius Madu - 19781215 202321 1 005 - Penguji 1 Irna K. S. Blegur, M.Pd - 19931204 202012 2 015 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84202
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Matematika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.02 Lau P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |