Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media PowerPoint Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Relasi dan Fungsi di Kelas VIII SMP Negeri 16 Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media PowerPoint Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Relasi dan Fungsi di Kelas VIII SMP Negeri 16 Kupang

XML

Keberhasilan pembelajaran matematika dapat diwujudkan melalui strategi pembelajaran yang tepat oleh guru. Proses pembelajaran yang berkualitas dapat memberikan hasil belajar yang baik bagi peserta didik. Rendahnya hasil belajar matematika peserta didik SMP Negeri 16 Kupang dikarnakan strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru belum tepat, sebab masih bersifat konvensional tanpa adanya penggunaan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media PowerPoint interaktif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi relasi dan fungsi di kelas VIII SMP Negeri 16 Kupang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang mengacu pada model Kemmis & Mc Taggart, dengan tahapan Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan Refleksi. Penelitian ini dimulai tanggal 21 November 2023 – 24 November 2023 dengan subjek penelitiannya adalah peserta didik kelas VIII D SMP Negeri 16 Kupang dan guru peneliti. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi dengan instrument penelitian adalah soal tes dan lembar observasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan hasil belajar peserta didik secara klasikal mengalami peningkatan sebesar 18,52%. Dimana pada siklus I, jumlah peserta didik yang tuntas mencapai 62,96% sedangkan pada siklus II mencapai 81,48%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media PowerPoint interaktif dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi relasi dan fungsi di kelas VIII SMP Negeri 16 Kupang.
Kata Kunci : Discovery Learning, Hasil Belajar, PowerPoint Interaktif.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Mawel Trifosa Laure - Personal Name
Student ID
1901030045
Dosen Pembimbing
JULIANA M H NENOHAI - 196407021993032005 - Dosen Pembimbing 1
Aleksius Madu - 19781215 202321 1 005 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Juliana M H Nenohai - 196407021993032005 - Ketua Penguji
Aleksius Madu - 19781215 202321 1 005 - Penguji 1
Irna K. S. Blegur, M.Pd - 19931204 202012 2 015 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Matematika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.02 Lau P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA