Pengaruh Penerapan Small Group Discussion (SGD) Dengan Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI TJKT Pada Mata Pelajaran Teknologi Jaringan Kabel Dan Nirkabel (SMK Negeri 4 Kupang)

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Penerapan Small Group Discussion (SGD) Dengan Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI TJKT Pada Mata Pelajaran Teknologi Jaringan Kabel Dan Nirkabel (SMK Negeri 4 Kupang)

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Apakah terdapat pengaruh dalam penerapan small group discussion (SGD) dengan talking stick untuk peningkatan hasil belajara peserta didik kelas XI TKJT pada mata pelajaran teknologi jaringan kabel dan nirkabel SMKN 4 Kupang. (2). Berapa besar pengaruh dari penerapan small group discussion (SGD) dengan talking stick untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI TKJT pada mata pelajaran teknologi jaringan kabel dan nirkabel SMKN 4 Kupang.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Eksperimen Semu atau Quasi Experimental Desing dengan Nonequivalent Control Group Desing. Penelitian ini memiliki dua kelompok sebagai subjek penelitian yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data ini melalui tes awal dan tes akhir. Analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat data dengan uji normalitas dan uji homogenitas serta uji hipotesis dengan analisis regresi sederhana dan nuji independen sample t-test dengan bantuan Statistic Product and Servie Solition (SPSS).
Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil analisis regresi sederhana diperoleh persamaan Y= 52,706 + 13,294X diperoleh thitung > ttabel (2,724>1,690) dengan signifikasnsi 0,000 < 0,05 maka ada pengaruh antara pembelajaran small group discussion (SGD) dengan Talking stick terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran teknologi jaringan kabel dan nirkabel kelas XI TJKT di SMK Negeri 4 Kupang. Berdasarkan nilai koefisien determinasi (R quere) sebesar 0,634 atau 63,4% dan hasil uji independent sample t-test menunjukan bahwa thitung memilki nilai sebesar 4,161 dan nilai ttabel 1,667. dan signifikansinya 0,000 < 0,05. Maka pembelajaran dengan small group discussion (SGD) dengan talking stic memilki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar pada mata pelajaran teknologi jaringan kabel dan nirkabel kelas XI TJKT di SMK Negeri 4 Kupang.

Kata Kunci : Small Group Dicussion (SGD) dengan Talking Stick, Teknologi Jaringan Kabel & Nirkabel.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Yayan Febrianti Tabun - Personal Name
Student ID
1901130008
Dosen Pembimbing
YETURSANCE YULSIANA MANAFE - 197906262005012003 - Dosen Pembimbing 1
ICHSAN FAHMI - 197705052005011004 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Fransiskus F Goe Ray - 197406052006041001 - Ketua Penguji
Yetursance Yulsiana Manafe - 197906262005012003 - Penguji 1
Ichsan Fahmi - 197705052005011004 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
83201
Edisi
Published
Departement
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
832.01 TAB P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA