Penggunaan Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Tentang Keanekaragaman Hayati Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Di SD GMIT NO 07 Oebufu Kota Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Penggunaan Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Tentang Keanekaragaman Hayati Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Di SD GMIT NO 07 Oebufu Kota Kupang

XML

Dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar
siswa kelas V SD GMIT No 07 Oebufu. Jenis penelitian ini adalah Penelitian
Tindakan Kelas dengan 5 tahapan sebagai berikut: perencanaan, pelaksanaan,
observasi dan tes, refleksi. Jumlah siswa 24 orang dengan rincian 14 siswa dan 10
siswi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, teknik tes, studi
dokumentasi, dan analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pada kegiatan siklus I dari 24 siswa
terdapat 16 siswa (66,66%) tuntas dengan alasan mengikuti pembelajaran dengan
baik, memahami materi yang diajarkan, bekerja sama dalam kelompok dan
mengerjakan soal tes dengan benar. Selain itu 8 siswa (33,33%) yang tidak tuntas
dikarenakan tidak mengikuti pembelajaran dengan baik, tidak memperhatikan
penjelasan guru, dan tidak bekerja sama dalam kelompok. Sedangkan pada siklus
I, kekurangan guru yakni guru belum menjelaskan materi dengan baik sesuai
langkah-langkah model pembelajaran Problem Based Learning dan belum
membimbing siswa dalam berdiskusi kelompok. Siklus II menunjukan bahwa dari
24 siswa yang tuntas mengalami peningkatan yakni 21 siswa (87,5%) dinyatakan
tuntas karena memperhatikan penjelasan guru, tidak bermain dengan teman pada
saat pembelajaran berlangsung, mampu bekerja sama dalam kelompok, mampu
melaporkan hasil diskusi dari kelompok masing- masing, guru telah membimbing
siswa dalam menyelesaikan diskusi kelompok, dan siswa mampu mengerjakan
soal tes dengan benar. Sedangkan 3 siswa dinyatakan belum tuntas karena perlu
mendapat pembelajaran tambahan atau remidial karena suka bermain di dalam
kelas, tidak memperhatikan penjelasan guru dan belum mampu mengerjakan soal
tes dengan benar.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa
penggunaan model Problem Based Learning dalam pembelajaran tentang
keanekaragaman hayati dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD GMIT
No 07 Oebufu Kota Kupang.


Kata Kunci : Problem Based Learning, Keanekaragaman Hayati, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Alfrida Leornard - Personal Name
Student ID
2001140044
Dosen Pembimbing
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Dosen Pembimbing 1
MARGARET PULA ELISABETH DJOKAHO - 198103012008122002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Antonius Suban Hali - 197809172009121004 - Ketua Penguji
Margaret Pula Elisabeth Djokaho - 198103012008122002 - Penguji 1
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Ida P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA